36 Pengurus Koperasi Ikuti Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan
TIDAK PERNAH MINTA PENDAMPINGAN

By TOHAR TOKASAPU 21 Jan 2021, 22:00:35 WIB EKONOMI
36 Pengurus Koperasi Ikuti Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan


Blora (beritakita.net) - Dinas Pedagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Dindagkop dan UKM) Kabupaten Blora melaksanakan kegiatan Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Koperasi dengan memanfaatkan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun anggaran 2021. 

Pelatihan digelar selama empat hari sejak Senin-Kamis (18-21/01/2020) bertempat di ruang pertemuan Saung Mekar Sari, dengan protokol kesehatan. Pelatihan diikuti seluruh koperasi aktif yang ada di Kabupaten Blora dan dibuka Kabid Koperasi dan UKM, Edy Suprapto, mewakili Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM, Sarmidi.

Baca Lainnya :

Kepala Seksi Bina Usaha Koperasi, Suparji melaporkan, pelatihan diikuti 36 peserta dari 21 koperasi. Peserta selain mendapatkan materi juga mengikuti praktek pembuatan laporan keuangan. Bahkan peserta diberi waktu lebih banyak untuk melaksanakan praktek, sehingga nantinya dapat mengetahui kendala apa saja yang ada di lapangan.

Sedangkan Kepala Bidang Koperasi dan UKM Edy Suprapto mengatakan, kegiatan pelatihan khusus diberikan kepada para pengurus dan pengelola koperasi. Karena selama ini di lapangan sering ditemui laporan keuangan yang tidak sesuai dengan teknis yang sudah ditentukan.

"Itu terjadi karena selama ini para pengurus dan pengelola koperasi saat menyusun laporan keuangan tidak pernah meminta pendampingan, sehingga pelatihan ini kami adakan. Dengan pelatihan ini, kami berharap, pengurus dan pengelola koperasi saat menyusun laporan keuangan, sesuai dengan teknis seperti yang sudah didapat pada pelatihan ini," tandas Edy.

Disebutkan oleh Edy, dalam pelatihan yang diselenggarakan Bidang Koperasi dan UKM Kabupaten Blora, itu pihaknya menghadirkan Joko Yulianto dari LDP Cendekia Karanganyar, sebagai nara sumber. 

Pada bagian akhir, Edy berharap semoga gerakan koperasi bisa semakin maju dan berkembang menuju koperasi yang sehat, mandiri, akuntabel dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi seluruh anggotanya dan masyarakat pada umumnya.

(ELY)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment