7.440 Botol Vaksin Covid-19 Tiba di Blora
10 ORANG PERTAMA SIAP DIVAKSIN

By TOHAR TOKASAPU 24 Jan 2021, 09:18:01 WIB KESEHATAN
7.440 Botol Vaksin Covid-19 Tiba di Blora


Blora (beritakita.net) - Sebanyak 7.440 vial vaksin Covid-19 tiba di Kabupaten Blora, Jaeng, Sabtu (23/1/2021) malam. Vaksin itu langsung dibawa ke Unit Palayanan Teknis Daerah (UPTD) Gudang Farmasi Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk disimpan dalam suhu 2 hingga 8 derajat celcius.

Pejabat Pelaksana Tugas Kepala (Plt) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blora dr. Henny Indrianti membenarkan vaksin Covid-19 jenis Sinovac diserahterimakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora.

Baca Lainnya :

"Ya, benar Kabupaten Blora sudah menerima penyerahan vaksin Covid-19 jenis Sinovac sebanyak 7.440 vial vaksin. Total ada 186 kotak, terdiri 4 box. Tiga box  berisi 49 kotak dan satu box berisi 39 kotak," jelas Henny Indrianti Plt Kepala Dinkes Blora.

Kepala UPTD Gudang Farmasi Dinkes Blora, Neny Setyaningrum menambahkan, vaksin itu disimpan di UPTD Gudang Farmasi. Sejumlah unit cold chain terdiri dari lemari es dan freezer untuk menyimpan vaksin Covid-19 dalam kondisi normal dan aman di gudang setempat.

Sedangkan Kepala Bidang Pelayanan dan Sumberdaya Kesehatan Dinkes Kabupaten Blora yang juga Plt Sekretaris Dinas Kesehatan Blora, Lucius Kristiawan mengatakan, untuk keamanan vaksin rantai dinginnya harus dijaga. 

"Kita sudah cek, cold chain sudah memenuhi syarat semua, sehingga harapannya nanti rantai dingin ini bisa sampai ke masyarakat dengan aman. Artinya, kita sudah siapkan cold chain yang sudah sesuai ketentuan dan standar," jelas Lucius.

Lucius menyebutkan, untuk sasaran vaksin tenaga kesehatan, ada sekitar 3.680 nakes untuk dua kali session. Jumlah vaksin yang diterima 7.440 botol, ada aprove sekitar 80 untuk antisipasi jika ada yang pecah.

"Untuk kid kelengkapan seperti Alat Pelindung Diri (APD) nakes dan lainnya baru akan diambil di gudang Salatiga pada Minggu (24/1/2021). Gudangnya beda-beda, besok kid perlengkapan kita ambil di Salatiga,” tandas Lucius.

Sedangkan untuk sasaran 10 orang pertama yang akan divaksin, yaitu  Bupati Blora dan unsur Forkopimda akan dilaksanakan pada Senin (25/01/2020) di RSUD Blora. Selanjutnya vaksin diberikan kepada tenaga kesehatan, TNI, Polri, baru kemudian kepada masyarakat.   

"Terkait degan persiapan dan teknik pelaksanaan vaksinasi, besok (Minggu, 24/01/2021) kita akan gelar rapat dengan sejumlah instansi di Blora," pungkas Lucius.

(ELY)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment