Anggota DPRD Dari Dapil 5 Siap Kawal Hasil Musrenbang Kecamatan Ngawen
70 PERSEN USULKAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR

By TOHAR TOKASAPU 19 Feb 2021, 05:42:56 WIB POLITIK
Anggota DPRD Dari Dapil 5 Siap Kawal Hasil Musrenbang Kecamatan Ngawen

Blora (beritakita.net) - Pemerintah Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam) tahun 2022 di Pendopo kecamatan setempat, Kamis (18/02/2021).

Musrenbang Kecamatan Ngawen dihadiri sembilan anggota DPRD Kabupaten Blora dari Daerah Pemilihan (Dapil) 5. Mereka antara lain, M. Mukhlisin dan Mochammad Aliuddin dari PKB, Lina Hartini (PDI Perjuangan), Siswanto (Golkar), Siti Rochmah Yuniastuti (Nasdem), Aditya Candra Yogaswara (Nasdem), Suyono (Perindo), Jariman (PPP), dan Supriadi (Demokrat).

"Sebelumnya Musrenbang kecamatan, telah dilaksanakan Musrenbang tingkat desa pada Desember 2020. Saat Musrenbang tingkat desa, ada 153 usulan yang ditampung dan usulan itu kembali dibahas dalam Musrenbang tingkat kecamatan," terang Camat Ngawen, Minar Ami Bin Sarno saat ditemui media ini seusai acara Musrenbangcam.

Baca Lainnya :

Dari 153 usulan yang masuk, kata Minar Ami, hampir 70 persen menginginkan adanya peningkatan dan pembangunan infrastruktur jalan. Karena fakta di lapangan memang beberapa ruas jalan penghubung antar desa rusak berat dan butuh perhatian serius. 

Wakil Ketua DPRD Blora, Siswanto yang juga berasal dari dapil 5 menyampaikan, setiap desa dan kecamatan diminta supaya cermat dalam mengusulkan kegiatan pembangunan saat Musrenbang di tingkat kecamatan. Usulan itu, harus sesuai dengan skala prioritas dan merupakan kebutuhan mendesak.

"Saya menekankan pelaksanaan Musrenbangcam ini, diharapkan bisa menentukan atau mengusulkan apa yang menjadi usulan skala prioritas pembangunan," ujar Siswanto saat ditemui media ini seusai kegiatan Musrenbangcam.

Untuk itu, pinta Siswanto, usulan harus benar-benar bermanfaat, mengedepankan skala prioritas pembangunan secara demokrasi, membuat data usulan yang nantinya diusulkan di Musrenbangkab.

Siswanto juga menyampaikan, di masa pandemi Covid-19, sudah banyak kegiatan pembangunan yang tertunda. Pasalnya, dana desa masih untuk bantuan langsung tunai (BLT) terhadap masyarakat, yang terdampak Covid-19. 

"Maka untuk menyeimbangi pembangunan desa yang menjadi skala kewenangan kabupaten, agar didata dan nantinya diusulkan melalui Musrenbangkab sesuai bidangnya. Kita jangan berputus asa dalam membangun daerah. Perjuangan dalam mengusulkan, saya harap semua desa tidak bosan-bosan melakukannya," pinta Siswanto.

Sedangkan anggota DPRD Blora Aditya Candra Yogaswara menegaskan, semua anggota dewan di dapil 5 Kabupaten Blora akan mengawal aspirasi masyarakat, terutama hasil Musrenbang tingkat kecamatan. 

Namun, Aditya mengingatkan, kondisi pandemi Covid-19 yang tengah melanda dunia, menyebabkan pemerintah dari pusat hingga daerah melakukan refocusing anggaran.

"Kami siap mengawal aspirasi karena ini tugas dan fungsi, tetapi karena ini masih kondisi Corona mudah-mudahan saja anggarannya tidak di-refocusing. Besar harapan kami semua usulan bisa direalisasi," ujarnya.

(ELY)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment