Atraksi Barongan Nara Singa Lodra Gemparkan Event Pakudjembara
Kesenian Blora Tetap Melekat di Hati Masyarakat

By TOHAR TOKASAPU 17 Nov 2020, 23:31:19 WIB SENI BUDAYA
Atraksi Barongan Nara Singa Lodra Gemparkan Event Pakudjembara

Keterangan Gambar : Kabupaten Blora, menampilkan seni Barongan Nara Singa Lodra di event Pakudjembara tahun 2020, yang digelar di Heritage Trainz Loco Tour Cepu.



Blora (beritakita.net) - Ada yang berbeda dengan event Pakudjembara pada tahun 2020. Dengan pembatasan masa di tengah pandemi, acara dilaksanakan secara virtual dan disiarkan live streaming di akun Youtube salah satu media online Jateng. Setidaknya ada enam kabupaten yang tampil di Pakudjembara 2020. Yakni, Kabupaten Pati, Kudus, Demak, Jepara, Rembang, dan Blora.

Seperti peserta daerah lainnya yang menampilkan kesenian khas daerah masing-masing. Kabupaten Blora menampilkan tim kesenian Barongan Nara Singa Lodra. Bbelasan penari tampil atraktif dan penuh semangat di bawah rimbunnya pohon beringin di kawasan daya tarik wisata Heritage Trainz Loco Tour Cepu. 

Baca Lainnya :

Tim kesenian Barongan Nara Singa Lodra dari Kabupaten Blora, tampil selama 15 menit pada urutan ketiga setelah Kabupaten Jepara dan Kabupaten Rembang. Setelah Blora, tampil tim kesenian Kabupaten Demak, Pati, dan terakhir Kudus. Semuanya disiarkan secara live streaming dari lokasi kabupaten masing-masing. 

Acara dibuka secara daring oleh Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Prov. Jateng, Sinoeng Noegroho Rachmadi dari pinggir Pantai Kartini, Jepara, Selasa 17 Nopember 2020. Sinoeng mengapresiasi pelaksanaan Event Bersama Pakudjembara secara live streaming di tengah pandemi Covid-19. 

“Meski dalam kondisi pandemi, kita harus tetap produktif. Event bersama ini bukan semata untuk mencari yang terbaik sebagai juara, namun juga untuk menunjukkan semangat dan kreativitas masyarakat, sekaligus mempromosikan potensi daya tarik wisata wilayah kabupaten masing-masing. Ini yang kita harapkan, pesan kami tetap patuhi protokol kesenian,” tandas Sinoeng.


Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Slamet Pamudji yang hadir di lokasi pementasan menyampaikan, event bersama Pakudjembara merupakan acara tahunan untuk promosi potensi pariwisata. Menurut Slamet, biasanya event tersebut dilaksanakan bersama sama di salah satu kabupaten sebagai tuan rumah.

“Namun karena kondisi pandemi Covid-19, event tahun ini dilaksanakan secara live streaming dari kabupaten masing-masing. Untuk Blora kami pilih Heritage Trainz Loco Tour Cepu sebagai lokasi pertunjukan keseniannya sekaligus untuk mempromosikan potensi daya tarik wisata yang ada di Kecamatan Cepu ini,” ungkap Slamet Pamudji. 

Pihaknya bersyukur acara berjalan lancar dan berhasil memukau secara streaming di akun Youtube media partner Disporapar Jateng yang ditandai dengan kenaikan penonton online. Slamet berharap, dengan pertunjukkan tersebut kesenian Blora tetap melekat di hati masyarakat, dan potensi daya tarik wisata Heritage Trainz Loco Tour Cepu yang telah direvitalisasi bisa semakin dikenal luas.

Salah seorang penari Barongan Nara Singa Lodra, Dhika mengaku senang bisa tampil mewakili Kabupaten Blora. Dhika bersama teman-teman seniman mengucapkan terimakasih karena masih bisa tampil pentas meski dalam kondisi pandemi Covid-19. (Ely)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment