Bupati Grobogan Bersama Dandim dan Kapolres Tinjau Posko PPKM Mikro di Godong
MENILAI STATUS ZONA

By TOHAR TOKASAPU 19 Feb 2021, 09:22:22 WIB KESEHATAN
Bupati Grobogan Bersama Dandim dan Kapolres Tinjau Posko PPKM Mikro di Godong


Grobogan (beritakita.net) - Bupati Grobogan Hj Sri Sumarni bersama Kapolres, Dandim serta jajaran Forkopimda sambangi Posko Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan di Desa/Kecamatan Godong, Kamis (18/02/2021).

Dari Kecamatan Godong, Bupati Sri Sumarni mengunjungi Posko PPKM Mikro di beberapa kecamatan yang ada di wilayah barat Kabupaten Grobogan. Menurut Sri Sumarni, Posko PPKM Mikro diperlukan sebagai sarana dalam upaya pengendalian pandemi Covid-19 agar lebih tepat sasaran.

Baca Lainnya :

"Posko ini sebagai pusat perencanaan, koordinasi, pengendalian, dan evaluasi kegiatan penanganan Covid-19 dalam skala mikro yang dilaksanakan dengan pendekatan kesepakatan, komunitas, gotong royong, kompak, dan adaptif," terang Bupati Hj. Sri Sumarni.

Disebutkan, posko penanganan Covid-19 di tingkat desa atau kelurahan memiliki empat aspek penting. Yakni pencegahan, penanganan, pembinaan, dan pendukung. Pembentukan posko dipimpin kepala desa atau lurah di mana salah satu tugasnya adalah menilai status zona wilayahnya. 

"Dari penilaian zonasi, maka kepala desa/lurah dapat menentukan tindakan pengendalian yang sesuai. Kriteria zonasi terdiri dari zona hijau, kuning, oranye. Pimpinan posko juga memiliki tugas, yaitu menentukan struktur dan sumber daya manusia (SDM). 

Beberapa SDM yang terlibat di posko di antaranya Babinsa, Bhabinkamtibmas, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, penyuluh, pendamping, tenaga kesehatan, relawan, PKK, dan karang taruna.

Alur pelaporan posko penanganan Covid-19 di tingkat desa/kelurahan dilakukan real time kepada posko satu tingkatan di atasnya, yakni level kecamatan, kabupaten/kota, hingga provinsi dan sampai ke pusat.

Kepala Desa Godong, Arifin menyampaikan, terkait persiapan pembuatan Posko PPKM Mikro, pihaknya  melibatkan semua perangkat dan lembaga Desa juga Babinsa dan Babinkamtibmas agar memudahkan dalam pelaksanaannya.

(GIMAN S)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment