Cegah Covid-19, Semua Petugas KPU Grobogan Jalani Rapid Test
Pelaksanaan Berjalan Lancar

By ROBINSON SIMARMATA 20 Nov 2020, 23:36:29 WIB POLITIK
Cegah Covid-19, Semua Petugas KPU Grobogan Jalani Rapid Test


Grobogan (beritakita.net) - Petugas AdHoc yang bertugas sebagai Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan petugas ketertiban pada Pilkada Grobogan 2020 melaksanakan rapid test. Kegiatan dilaksanakan bekerja sama dengan petugas kesehatan di masing-masing Puskesmas kecamatan. Petugas Puskesmas itu turun ke desa-desa.

Hal itu dilakukan guna mencegah penularan Covid-19 saat pelaksanaan pemungutan suara dalam Pilkada Grobogan yang dilaksanakan serentak 9 Desember mendatang. Kegiatan itu salah satunya digelar di Balai Desa Pengkol, Kecamatan Penawangan. Di tempat itu seluruh KPPS dan petugas ketertiban dari Desa Pengkol dan Desa Kluwan mengikuti rapid test.

Baca Lainnya :

Hal sama juga dilakukan di Balai Desa Kronggen, Kecamatan Brati. Seluruh anggota KPPS dan petugas ketertiban mengikuti rapid tes. Salah seorang anggota KPPS yang ikut rapid test, Fahrurozi mengaku lega, meski sebelumnya sempat kaget.


Ketua KPU Grobogan, Agung Sutopo mengatakan, pelaksanaan rapid tes bagi petugas KPPS dan petugas ketertiban (Gastib) dilaksanakan selama dua hari. Yakni hari Jumat dan Sabtu, tanggal 20 dan 21 Nopember 2020). 

"Meski dilaksanakan dua hari, namun jika masih ada yang terlewat, bisa dilakukan pada tanggal 23 November 2020. Dari koordinasi dengan teman-teman PPK, pelaksanaan rapid test berjalan lancar. Dengan rapid test, bisa diketahui bahwa semua penyelenggara pemungutan suara terbebas dari paparan Covid-19,” tandas Agung.

Sedangkan jumlah petugas yang dirapid se Kabupaten Grobogan ada 26.739 orang se Kab. Grobogan. Totalnya ini sudah termasuk dengan petugas ketertiban. Menurut Agung, hasil rapid tes anggota KPPS dan Gastib akan diumumkan pada tanggal 26 Nopember 2020. 

“Jika hasilnya ada petugas yang reaktif, akan ditindaklanjuti Puskesmas selaku Satgas Covid-19 di kecamatan setempat. Hasil rapid ini menjadi modal kami sebagai jaminan dan kepercayaan pemilih, supaya pemilih di Kabupaten Grobogan tidak ragu datang ke TPS,” jelas Agung. (Giman S)






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment