Desa Karangrejo Prioritaskan Sarana Pertanian
Dana Desa

By Admin 31 Jul 2020, 05:33:19 WIB DAERAH
Desa Karangrejo Prioritaskan Sarana Pertanian

Demak, Beritakita.net
Pembangunan sarana pertanian menjadi prioritas di Desa Karangrejo, Kecamatan Bonang, Demak. Pasalnya, pembangunan tersebut untuk mendukung dan meningkatkan hasil pertanian. Khususnya pembangunan jalur transportasi di areal persawahan yang dikenal dengan Jalan Usaha Tani (JUT).

“Dalam prioritas itu termasuk membuat sarana pengairan swah petani yang memadai. Kami, Pemerintah Desa Karangrejo dengan dukungan penuh dari masyarakat, akan tancap gas untuk merehabilitasi dan membangun sarana pertanian,” kata Widyarti, Kepala Desa (Kades) Karangrejo.

Pembangunan jalan pertanian menurut Widyarti sesuai kebutuhan masyarakat yang mayoritas petani. Karena dengan transportasi memadai, bila musim panen, petani makin mudah mengangkut hasil panen dan secara otomatis akan menekan biaya angkut. Oleh karena itu pihaknya juga akan membangun jalan yang menghubungkan areal persawahan dengan jalan utama desa agar aktifitas petani lebih lancar.

“Selain jalan usaha tani, hal yang tidak kalah penting adalah sarana prasarana pengairan. Maka kami akan membangun sarana irigasi yang baik dan secara berkala dilakukan pemeliharaan sarana irigasi,” jelas Widyarti seraya mengajak warga Desa Karangrejo untuk bersama-sama membangun desa agar lebih maju dan sejahtera.

Hal sama dilakukan Desa Jatimulyo, Bonang yang terus berinovasi membangun desa. Mulai dari infrastruktur jalan, jalan usaha tani, irigasi, normalisasi talud di areal persawahan maupun talud jalan. Kades Jatimulyo, Zamroni melalui Ketua Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Agil Sanusi menuturkan, tujuan pembangunan di desanya untuk meningkatkan perekonomian dan taraf hidup warga yang mayoritas petani. Karena itu pihaknya akan menormalisasi sungai desa. Pasalnya, jika musim hujan berdampak pada areal persawahan yang banjir. Pemdes Jatimulyo sudah pernah mengusulkan ke dinas terkait, tapi sampai sekarang belum ada kejelasan.

“Pembangunan dilakukan secara transparan, bersama BPD, LKMD dan Lembaga Desa lainnya merumuskan agenda program pembangunan, sehingga bisa muncul prioritas pembangunan yang benar benar berpihak pada masyarakat  Jatimulyo,” tegas Agil Sanusi.

Mayoritas warga Jatimulyo adalah petani, salah satu kebutuhan yang utama membangun sarana prasarana pertanian, seperti saluran irigasi dan jalan usaha tani. Saat ini sarana tersebut sudah bagus, tapi akan lebih ditingkatkan lagi dengan cara akan diadakan pemeliharaan atau pengerukan secara berkala.

“Kalau tidak dilakukan pengerukan atau normalisasi, saluran akan mengalami penyumbatan. Dengan saluran yang baik, air akan mengalir lancar, sehingga sawah bisa terairi dengan baik. Selain itu jalan usaha tani juga tidak kalah penting fungsinya.

Untuk itu akan diperbanyak pembangunan jalan di sekitar persawahan. Kalau jalan di sekitar persawahan baik, pada saat panen petani dengan mudah mengangkut hasilnya, secara otomatis pula akan menekan biaya panen,” jelas Agil Sanusi. (ag)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment