Dua Calon Ketua Mundur, Amir Machmud Kembali Pimpin PWI Jateng
Dipilih Secara Aklamasi

By TOHAR TOKASAPU 19 Sep 2020, 23:46:23 WIB DAERAH
Dua Calon Ketua Mundur, Amir Machmud Kembali Pimpin PWI Jateng

Keterangan Gambar : Disaksikan para pengurus baru, Amir Machmud NS, Ketua PWI Jateng periode 2020-2025 menerima panji PWI dari Ketua Umum PWI Pusat Atal S. Depari.


Semarang, beritakita.net - Konferensi Provinsi (Konferprov) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Prov. Jateng, yang berlangsung di Gedung B Lantai 5 Setda Prov. Jateng, Sabtu (19/09/2020), berjalan aman dan lancar. Padahal sebelumnya, sempat diwarnai sejumlah isu akan adanya gerakan demonstrasi dari kelompok tertentu.
 
Mulusnya kegiatan Konferprov yang salah satu agendanya pemilihan ketua, membuat lega semua pihak. Terutama panitia, yang telah mengantisipasi jika sesuatu terjadi. Pleno pemilihan ketua yang dipimpin Sosiawan selaku ketua sidang, juga berjalan mulus. Terlebih setelah dua calon ketua, Gunawan Permadi dan Sugayo mundur dari bursa pencalonan.
 
Kepastian mundurnya Gunawan Permadi, dinyatakan melalui surat yang dikirim ke Dewan Kehormatan PWI Pusat. Tembusan surat itu dikirim ke panitia, dan dibacakan oleh Ketua Panitia Achmad Ris Ediyanto yang akrab dipanggil Ade Oesman. Sedangkan Sugayo, mundur setelah ia menyampaikan visi dan misi.
 
Mundurnya Gunawan Permadi dan Sugayo, membuat jalan Amir Machmud semakin lapang untuk memimpin PWI Prov. Jateng di periode kedua. Maka, tepat pukul 11.17 WIB, Amir Machmud NS ditetapkan secara aklamasi oleh peserta Konferprov, untuk memimpin PWI Prov. Jateng periode 2020-2025.
 
Pemilihan Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) Jateng, berjalan semakin mulus. Pasalnya, hanya ada satu nama calon, yakni Drs. Sri Mulyadi. Maka, Sri Mulyadi juga disetujui secara aklamasi untuk memimpin DKP lima tahun mendatang. Sri Mulyadi yang sebelumnya juga Ketua DKP PWI Jateng, berjanji akan terus menyosialisasikan UU No.40 tentang Pers, KEJ, dan pemberitaan ramah anak.
 
Ketua Panitia Konferprov Ade Oesman melaporkan, Konferprov diikuti 261 anggota dengan bukti daftar hadir yang ditandatangani oleh pembawa surat mandat. Sedangkan jumlah daftar pemilih tetap tercatat 365 anggota. Artinya, kata Ade Oesman, Konferprov telah memenuhi kuorum.
 
Tim formatur yang terdiri dari lima orang, yakni Ketua PWI terpilih Amir Machmud, perwakilan PWI Pusat, Ketua Dewan Kehormatan Provinsi terpilih (Sri Mulyadi), dan dua perwakilan dari PWI Kabupaten/Kota, Wahono dan Subagyo, telah menyusun pengurus PWI Prov. Jateng periode 2020-2025.
 
Setelah mengadakan musyawarah sekitar 15 menit, tim formatur menetapkan Ketua Dewan Kehormatan Provinsi, terdiri dari Ketua Drs Sri Mulyadi, Sekretaris Drs Sosiawan, anggota H. Agus Fatchudin Yusuf, Parlindungan Manik, dan Hari Bustaman. Penasehat, Hendro Basuki, Edi Nur Sasongko, Bagas Pratomo.
 
Pengurus PWI PWI Prov Jateng periode 2020-2025, Ketua Amir Machmud, didampimpingi enam ketua bidang. Yakni, Isdiyanto (Organisasi), Solikun (Pendidikan), Zaenal Petir (Pembelaan Wartawan), Ade Oesman (Kerjasama), Bhakti Yudhatama (Kesejahteraan). Sekretaris Setiawan Hendra kelana, dan dua wakil Indan Hidayat serta Aris saefudin. Bendahara Zaenal Muttaqin.
 
Kepengurusan juga dilengkapi sejumlah seksi. Antara lain Seksi Wartawan Olahraga (Siwo), Erwin, Sigit Pramono, Budi Winarno. Seksi Organisasi, Sunarto, Bachtiar Rifai, Tohar Tokasapu. Pada periode ini, PWI Prov. Jateng juga membentuk badan khusus, yakni Mapilu. Sebagai Ketua Mapilu Sugayo, Sekretaris Chamim Rifai, dan Bekti maharani sebagai anggota. (TTS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment