Festival Merawat Seni Tradisi Berhadiah Total Rp 39 Juta
Mengenang Hari Pahlawan 10 November 2020

By TOHAR TOKASAPU 02 Okt 2020, 10:00:02 WIB SENI BUDAYA
Festival Merawat Seni Tradisi Berhadiah Total Rp 39 Juta

Semarang, beritakita.net - Youtuber Bambang Sadono, melalui Chanel Youtube Inspirasi Jawa Tengah dan Inspirasi untuk Bangsa, menggelar kegiatan Festival Merawat Seni Tradisi. Festival itu dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 2020.
 
“Kegiatan ini untuk mengenang Hari Pahlawan 10 November 2020, dilaksanakan secara online melalui Chanel Youtube Inspirasi Jawa Tengah, dengan hadiah total Rp 39 juta,” kata Eko Laksanto, selaku pelaksana kegiatan.
 
Bagi peserta terbaik pertama, jelas Eko Laksanto, masing-masing akan mendapatkan hadiah Rp 5 juta. Tiga terbaik kedua, masing-masing akan mendapatkan hadiah Rp 4 juta, dan empat terbaik ketiga, masing-masing akan menerima hadiah Rp 3 juta.
 
Ditambahkan oleh Eko Laksanto, festival tersebut bekerja sama dengan Sekretariat Jendral (Setjen) MPR RI, bertema; ‘dengan patriotisme dan nasionalisme, merawat budaya Indonesia’. Selain itu juga didukung oleh sejumlah pihak. Antara lain, Haryanto (Bupati Pati), Universitas Muhammadiyah Solo (UMS), Jamu Jago, dan Bank Jateng.
 
Adapun syarat mengikuti festival antara lain, peserta bebas dari seluruh Indonesia, bisa perorangan atau grup. Mengirim rekaman video seni tradisi, seperti tari, fragmen, sendratari, kethoprak, ludruk, wayang, barongan, jathilan, dan kuda lumping. Rekaman video belum pernah diunggal dalam Channel Youtube.
 
“Video diupload melalui google drive dan link dikirim melalui email inspa.jateng@gamil.com atau melalui WhatsApp (WA) 081124141400, 08228989123, 085293024920. Video akan ditayangkan di Channel Youtube Inspirasi Jawa Tengah,” jelas Eko Laksanto, seraya menambahkan, tim etis mempunyai otoritas memutuskan kelayakan vodeo untuk diupload.
 
Sedangkan tahapan festival antara lain, pengiriman dan penayangan (upload) video tanggal 1-31 Oktober 2020. Peserta wajib menyebutkan nama dan alamat peserta dan menyebutkan jenis seni, judul, penata tari maupun sutradara, dalang atau pimpinan grupnya. Video terbaik dipilih berdasarkan banyaknya penonton. Penghitungan jumlah penonton dimulai sejak video ditayangkan selama 10 kali 24 jam di Chanel Youtube Inspirasi Jawa Tengah.
 
“Sepuluh video dengan penonton terbanyak akan dinilai tim juri. Sedangkan pengumuman dan penyerahan hadiah untuk peserta terbaik, selambat-lambat akan dilaksanakan pada 30 November 2020,” tandas Eko Laksanto, seraya menambahkan, tayangan perdana diawali ‘Tari Kretek’ dari Kudus kiriman Siti Anisah yang ditayangkan pada hari kamis, 1 Oktober 2020 pukul 15.00 WIB. (TTS)
 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment