Forum BPJS Kesehatan Kendal Gelar Pertemuan
Pendataan yang Benar, Kunci Akurasi Data

By Tohar Tokasapu 16 Sep 2020, 16:37:07 WIB KESEHATAN
Forum BPJS Kesehatan Kendal Gelar Pertemuan

 
Kendal, beritakita.net - Forum Kemitraan BPJS Kesehatan Kabupaten Kendal melakukan pertemuan semester dua dengan para pemangku kepentingan. Kegiatan berlangsung di ruang rapat Ngesti Widhi Setda Kabupaten Kendal, Selasa (15/09/2020).
 
Hadir di acara itu, Sekda Kendal Moh. Toha, ST, MSi, Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Ungaran Titus Sri Hardianto, Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Kendal beserta jajarannya, Direktur RSUD dr. H. Soewondo Kendal, Direktur RSI Kendal, dan Kepala Puskesmas Kangkung 2 Kendal.
 
Sekda Kendal, Moh Toha mewakili Bupati Kendal, dr. Mirna Annisa, M.Si dalam sambutanya mengatakan, pertemuan tersebut sangat penting dilaksanakan, karena dalam upaya persamaan persepsi, penguatan strategi dan koordinasi.
 
“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena kerja sama yang baik antara berbagai pihak bisa terjalin. Hal ini untuk kemudahan fasilitas kesehatan maupun kemudahan untuk pasien. Kami berharap BPJS Kesehatan kedepan semakin baik,” tandas Sekda Moh Toha.
 
Pada kesempatan itu Sekda Moh Toha juga mengingatkan pentingnya pendataan yang benar dan valid. Karena menurutnya, merupakan kunci akurasi data. Sekda mencontohkan data keanggotaan Penerima Bantuan Iuran (PBI), baik Provinsi maupun Kabupaten agar mereka yang betul-betul berhak menerima.
 
“Kasihan masyarakat, yang seharusnya berhak (menerima) tapi tidak dapat. Ini perlu diperhatikan, kita harus kerja keras untuk pendataan, sehingga betul-betul didapat data yang valid sesuai kondisi di lapangan by name, by address,” pinta Sekda Moh Toha.
 
Sejumlah persoalan yang timbul di masyarakat saat ini, lanjut Moh Toha, selain biaya pengobatan yang tak ditanggung sepenuhnya oleh BPJS, pasien juga sulit mencari ruang perawatan ICU, PICU, NICU dan ruang isolasi. Belum lagi dihadapkan masalah regionalisasi rujukan dan rumitnya pengurusan administrasi.
 
“Kami berharap, melalui forum kemitraan ini dapat menyamakan persepsi terkait pelaksanaan program JKN di Kabupaten Kendal serta dapat menyelesaikan kendala-kendala operasional di lapangan,” tandas Sekda Moh Toha.
 
Kepala BPJS Cabang Ungaran Titus Sri Hardianto menjelasakan, peremuan itu antara lain untuk mereview pelayanan kesehatan dalam program JKN di Kabupaten Kendal. Baik pelayanan ditingkat primer maupun pelayanan ditingkat sekunder.
 
“Selain mereview pelayanan, juga untuk evaluasi peningkatan kualitas layanan kepada peserta. Kami bersama mitra, dalam hal ini rumah sakit, puskesmas, klinik pratama dan para dokter perorangan untuk selalu meningkatkan kualitas layanan. Untuk saat ini yang sedang kami upayakan adalah merealisasi antrian online,” jelas Titus Sri Hardianto.
 
Menurut Titus, saat ini masing-masing fasilitas kesehatan (Faskes) sudah mempunyai antrian online. Namun harus bisa dikoneksikan dengan aplikasi BPJS Kesehatan yang bernama mobile JKN, sehingga peserta akan lebih mudah ketika berobat maupun saat mendaftar, peserta sudah dapat nomor antrian. (Kiswanto)

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment