H. Sri Fahrudin Bisri Slamet Resmikan Proklim dan Kampung Olahraga di Pucang Santoso, Pucanggading
Jiwa Gotong Royong Harus Terus Digelorakan

By ROBINSON SIMARMATA 29 Nov 2020, 18:27:33 WIB OLAHRAGA
H. Sri Fahrudin Bisri Slamet Resmikan Proklim dan Kampung Olahraga di Pucang Santoso, Pucanggading

Keterangan Gambar : H. Sri Fahrudin Bisri Slamet, SE yang akrab disapa Pak Slamet, foto bersama warga RW.30 Pucang Santoso.



Demak (beritakita.net) - Perubahan iklim kian ekstrim akhir-akhir ini. Ditengarai penyebab utamanya adalah kerusakan lingkungan yang kian parah dan kenaikan suhu bumi akibat efek Gas Rumah Kaca (GRK). Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) sejak tahun 2016 meluncurkan Program Kampung Iklim (Proklim).

Melalui program tersebut kesadaran masyarakat mulai lingkup terkecil setingkat Dusun/Dukuh/RW dan maksimal setingkat Desa/Kelurahan diharapkan dapat meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim di lingkungannya masing-masing. Beberapa hal yang menjadi fokus perhatian Proklim di antaranya Program Adaptasi, Mitigasi dan Dukungan Keberlanjutan, yang salah satu indikatornya adalah pengendalian kekeringan.

Baca Lainnya :

Selain itu, pengendalian banjir dan longsor, peningkatan ketahanan pangan, pengendalian penyakit terkait iklim, penanganan akibat angin, gelombang tinggi dan sanitasi/kesehatan masyarakat. Juga pengelolaan sampah, limbah padat dan cair, pengolahan dan pemanfaatan air limbah, serta budidaya pertanian dan lainnya.

Pucang Santoso mewakili Desa Batursari, menjadi peserta dalam verifikasi Proklim tingkat Kabupaten Demak Tahun 2020, yang dikemas oleh Tim Koordinator Proklim Kabupaten dengan mengadakan lomba Proklim Tahun 2020. Penilaian/verifikasi dilakukan secara marathon. Mulai awal November sampai awal Desember mendatang, dan penerimaan penghargaan Proklim Tingkat Kabupaten Demak akan dilakukan tanggal 22 Desember 2020 di pendopo Kabupaten Demak.

Pada kesempatan lomba Proklim tahun ini, Desa Batursari, Kecamatan Mranggen diwakili oleh RW.30 Pucang Santoso. Tokoh masyarakat Mranggen H. Sri Fahrudin Bisri Slamet, SE, Minggu (29/11/2020) menyempatkan diri hadir meninjau sekaligus meresmikan lokasi Kampung Iklim di RW.30 Pucang Santoso, Perumnas Pucang Gading.

Kehadiran Sri Fahrudin Bisri Slamet, SE dan rombongan disambut tokoh masyarakat setempat termasuk Ketua Paguyuban Perumnas Pucang Gading Wawan Sudarwanto. Sedangkan Ketua RW.30 Eko Budianto yang berhalangan hadir diwakili oleh Joko Susilo selaku tokoh masyarakat Pucang Santoso. Pada kesempatan itu Joko Susilo menjelaskan beberapa persiapan yang telah dilakukan pihaknya untuk mengikuti lomba Proklim 2020.

Pengurus RW.30 bekerjasama dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) semakin giat memaksimalkan penghijauan dan menjaga kebersihan lingkungan. Demikian juga mendorong tumbuhnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di tengah masyarakat. Joko Susilo sangat bersyukur atas terpilihnya Pucang Santoso mewakili Desa Batursari untuk mengikuti lomba Proklim tingkat Kabupaten Demak.

“Kami mohon dukungan doa dan support semua elemen masyarakat agar bisa menang di tingkat Kabupaten, sehingga bisa maju ke tingkat Provinsi Jawa Tengah. Syukur-syukur bisa maju sampai ke tingkat Nasional. Kami butuh dukungan nyata dari para tokoh masyarakat Pucang Gading, tokoh masyarakat Desa Batursari, bahkan tokoh masyarakat Kecamatan Mranggen,” tandas Joko Susilo.


JAGA JIWA GOTONG ROYONG

Saat berbincang dengan warga Pucang Santoso, H. Sri Fahrudin Bisri Slamet, SE yang akrab disapa Pak Slamet mengatakan, dalam menghadapi lomba apapun, memecahkan masalah apapun, kata kuncinya adalah gotong royong. Oleh karena itu jiwa gotong royong harus terus digelorakan. Berat sama dipikul ringan sama dijinjing.

“Jiwa gotong royong tidak bisa kita biarkan pudar. Hanya melalui jiwa gotong royong kita kuat. Termasuk saat menghadapi persoalan besar bangsa yang tengah diterpa pandemi Covid-19. Masyarakat harus guyub, rukun, bahu membahu. Terkait permintaan dukungan tokoh masyarakat seperti disampaikan Pak Joko Susilo, saya siap dukung semampu saya. Yakinlah Pak Joko, persahabatan kita sudah terjalin sejak lama,” ungkap Fakhrudin Bisri Slamet.

Fakhrudin Bisri Slamet merasa yakin persahabatan itu akan tetap terjalin, bahkan semakin erat. Fakhrudin Bisri Slamet mengaku kalu dirinya hanya pelayan masyarakat Demak, khusunya masyarakat Mranggen dan lebih khusus lagi warga Pucang Santoso. Kalau masyarakat meminta sesuatu, kata Fakhrudin Bisri Slamet, sebagai pelayan masyarakat pihaknya akan bantu semampunya.

Pada kesempatan itu, Slamet yang tidak lain adalah Ketua DPRD Kabupaten Demak dari Fraksi PDIP Dapil Kecamatan Mranggen dan Kecamatan Karangawen, mengingatkan seluruh masyarakat untuk menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Demak, Rabu 9 Desember 2020. Sebab pembangunan tidak lepas dari kebijakan Kepala Daerah. 

“Untuk itu saya menghimbau masyarakat berpartisipasi aktif menentukan arah pembangunan Kabupaten Demak lima tahun kedepan dengan cara memilih Kepala Daerah yang memiliki visi-misi pembangunan dan membawa Kabupaten Demak lebih sejahtera,” katanya.


UMKM PENOPANG EKONOMI

Kehadiran Fakhrudin Bisri Slamet juga dimanfaatkan warga untuk berdialog. Seorang warga Pucang Santoso, Ny. Epy pada kesempatan itu bertanya apa upaya pemerintah memberdayakan UMKM dalam kondisi perekonomian yang makin terpuruk seperti sekarang ini. 

Menjawab pertanyaan itu, Slamet mengatakan, dalam beberapa kali rapat dengan pemerintah, pihak legislatif selalu mendorong pemerintah agar mempermudah syarat pinjaman permodalan dan perizinan bagi UMKM. Sekarang, tandas Slamet, pengurusan izin Produksi Industri Rumah Tangga (PIRT) sudah gratis. 

“Selain itu, tempat usaha tidak harus kios atau tempat usaha secara khusus. Namun sekarang sudah bisa di rumah. Dengan dimudahkannya perizinan dan syarat tempat, diharapkan UMKM bisa lebih mudah mengakses permodalan ke lembaga pembiayaan, terutama bank pemerintah,” jelas Slamet.

Namun akan lebih baik, kata Slamet, bila UMKM membentuk kelompok, sehingga memudahkan pelatihan maupun pembiayaan. Kemudian untuk memasarkan produknya, diharapkan setiap Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) punya toko ritel sebagai distributor pemasaran produk UMKM ke supermarket atau swalayan besar yang ada di Kabupaten Demak dan sekitarnya.


PELETAKAN BATU PERTAMA LAPANGAN VOLLEY

Selaku Ketua Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Kabupaten Demak, Fahrudin Bisri Slamet juga melakukan peletakan batu pertama pembangunan lapangan Voly Pucang Santoso.

“Sekarang saya tambah lagi beban warga di sini. Selain menjadi Kampung Iklim, juga menjadi kampung olahraga. Jangan lupa sehat. Jangan lupa olahraga,” pungkas Slamet. (Rosi)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment