Hujan Disertai Angin, Kendal Dilanda Banjir, Longsor dan Pohon Tumbang
Satu Pengendara Motor Hanyut

By TOHAR TOKASAPU 20 Nov 2020, 15:04:02 WIB PERISTIWA
Hujan Disertai Angin, Kendal Dilanda Banjir, Longsor dan Pohon Tumbang

Keterangan Gambar : Rudi Waluyo (60) warga RT02 RW04 Dukuh Somopuro, Desa Kedungsari, Kecamatan Singgorojo, Kendal yang hanyut terbawa banjir, dievakuasi petugas.



Kendal (beritakita.net) - Hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi pada Kamis (19/11/2020) malam menyebabkan banjir. Selain itu juga sejumlah tiang listrik roboh, pohon tumbang dan tanah longsor di sejumlah wilayah di Kabupaten Kendal.

Data di Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kendal menyebutkan, hujan yang terjadi pada Kamis menyebabkan enam kejadian. Yakni banjir Linpas, tiang listrik roboh, pohon tumbang, tanah longsor, genangan air sampai satu meter.

Baca Lainnya :

BPBD Kabupaten Kendal mengirimkan tim Satgas Penanggulangan Bencana (PB) untuk melakukan pencarian dan berkoordinasi dengan Damkar Sektor Boja serta relawan setempat. Dalam peristiwa itu dikabarkan, seorang pengendara sepeda motor di Dusun Somopuro, Desa Bebengan, Boja, hanyut.

Pencarian pengendara sepeda motor yang hanyut dilakukan sampai pukul 21.10 WIB. Namun orang diduga hanyut belum diketemukan. Petugas baru menemukan satu unit kendaraan Honda Suprafit yang berjarak 500 meter dari lokasi kejadian. Diduga motor tersebut milik korban.


Banjir limpas juga terjadi di sepanjang jalan Tampingan - Pasar Boja dan di perumahan Sargi Indah Jamban, Kecamatan Boja dan ada dua orang terjebak di mushola karena banjir. BPBD Kabupaten Kendal mengirimkan tim Satgas PB untuk melakukan assesment dan pertolongan terhadap warga yang terjebak di mushola. 

Hujan deras juga menyebabkan pohon tumbang, hingga menutup akses jalan Kaliwungu-Boja dan menyebabkan kemacetan. Pohon tumbang juga terjadi di depan Gua Bunda Maria Dusun Besokor Desa Sidomukti, Kecamatan Weleri. Selain itu juga mengakibatkan banjir limpas di DAS Bodri, serta tanggul di Desa Lanji, Kecamatan Patebon, jebol.

BPBD Kabupaten Kendal mengirimkan tim satgas untuk assesment dan koordinasi dengan pemerintah desa setempat. Selain itu, melakukan evakuasi empat warga Desa Sudipayung yang rumahnya terendam air setinggi satu meter. Sedangkan unsur yang terlibat dalam penangan bencana meliputi BPBD, Damkar, TNI/Polri, PLN, FRPB, relawan dan warga. (Kiswanto)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment