Jumadi, Sang Juara Menulis Cerpen dan Puisi di Kopsi
Rutin Menggelar Lomba Tulis Puisi

By Tohar Tokasapu 25 Agu 2020, 02:20:38 WIB SENI BUDAYA
Jumadi, Sang Juara Menulis Cerpen dan Puisi di Kopsi

Keterangan Gambar : Moh. Jumadi, S. Pd, menerima penghargaan dari Maftuhan, Ketua Komunitas Penulis Sastra Indonesia (Kopsi) Kabupaten Grobogan.


Grobogan, beritakita.net - Belum banyak diketahui oleh publik, jika di Kabupaten Grobogan telah lahir komunitas anak muda yang menekuni dunia seni, khususnya seni sastra. Lebih menariknya lagi, di antara pengurus dan anggotanya hingga kini belum pernah bertemu atau bertatap muka secara langsung.
 
Maklum, karena komunitas itu terjalin melalui dunia maya. Yakni, melalui grup WhatsApp (WA) dan FansPage. Padahal komunitas itu telah lahir sejak tiga tahun lalu, tepatnya 12 Mei 2017. Wadah penulis puisi dan cerpen itu bernama Komunitas Penulis Sastra Indonesia (Kopsi), diketuai oleh Maftuhan.
 
Sejak tahun 2017, Kopsi beberapa kali mengadakan event menulis cerpen dan puisi di grup WhatsApp. Dari event itu telah melahirkan sejumlah buku hasil kerja sama dengan sejumlah penerbit. Di antara dengan penerbit Cahaya Bintang Kecil. Ada juga program yang tidak dibukukan, karena beberapa faktor. Antara lain penulisnya tidak memenuhi syarat yang ditentukan.
 
“Rencana kedepan, kami akan menghadirkan penulis-penulis handal yang ada dalam grup maupun dari luar grup. Kegiatan yang sudah berjalan selama ini antara lain seminar kepenulisan yang kami gelar secara online setiap bulan. Pesertanya rata-rata masih berusia muda,” jelas Maftuhan.
 
Menurut Maftuhan, komunitas yang ia ketuai, lewat dunia maya telah rutin menggelar lomba. Dengan menggelar lomba penulisan puisi dan cerpen lewat dua maya, telah melahirkan penulis-penulis handal. Hal itu membuat kebanggaan tersendiri bagi Maftuhan.
 
“Anggota yang tergabung dalam grup tidak hanya warga Purwodadi, Grobogan. Tapi datang dari berbagai penjuru kota di Jawa Tengah maupun Indonesia. Bahkan ada beberapa yang di luar negeri. Antara lain dari Malaisiya, Hong kong, Taiwan, dan lainnya,” kata Maftuhan seraya menyampaikan obsesinya, entah kapan, anggota grup itu bisa bertemu secara fisik.
 
Dari sejumlah kegiatan lomba yang digelar, Maftuhan merasa bangga, karena ternyata yang menjadi langganan pemenang secara nasional adalah warga Kabupaten Grobogan. Yakni, Moh. Jumadi, S. Pd.  Bahkan, kata Maftuhan, tidak sedikit anggota grup yang ingin bertemu langsung dengan Jumadi, untuk menimba ilmu dengan sosok yang sehari-hari berprofesi sebagai guru.
 
Sebagaimana diketahui, kiprah Jumadi dalam menulis puisi dan cerpen di grup tersebut memang sudah teruji, karena penulis handal bernama Moh. Jumadi itu telah menghasilkan sembilan buku indi dan 15 buku antologi. Wajar jika banyak anggota grup yang ingin bertemu dengan Jumadi.
 
“Saya sangat mengapresiasi apa yang disampaikan mas Maftuhan selaku ketua komunitas penulis sastra Indonesia, yang akan mempertemukan anggota grup di dunia nyata,” kata Jumadi seraya menyatakan kesanggupannya menjadi nara sumber untuk berbagi ilmu dengan anggota grup Komunitas Penulis Sastra Indonesia yang beralamat di Jl. Dewi Sartika Bologarang RT.01 RW.01 Penawangan, Kabupaten Grobogan. (Giman S)

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment