Kapolri : Dukungan Internal Polri Terhadap Komjen Listyo Sigit Sangat Solid
DISETUJUI KOMISI III DPR RI

By ROBINSON SIMARMATA 20 Jan 2021, 18:49:49 WIB POLITIK
Kapolri : Dukungan Internal Polri Terhadap Komjen Listyo Sigit Sangat Solid

Keterangan Gambar : Kapolri Jenderal Idham Azis memberikan keterangan pers di gedung DPR RI komplek Senayan, Jakarta.



Jakarta (beritakita.net) - Kapolri Jenderal Idham Azis memastikan bahwa Komjen Listyo Sigit Prabowo akan dikawal oleh perwakilan angkatan senior dan junior di internal Polri saat menjalani Fit and Proper Test. 

Menurut Idham, hal itu membuktikan bahwa, internal Polri solid mendukung proses pergantian pucuk pimpinan di lembaga penegak hukum tersebut. 

Baca Lainnya :

"Rekan-rekan bisa melihat nanti diatas perwakilan angkatan yang merupakan senior pak Komjen Sigit juga ikut mendampingi. Saya juga didampingi sama senior saya adik-adik saya," kata Idham di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (20/1/2021).

Idham menyebut, seluruh prajurit Korps Bhayangkara mempunyai  kewajiban untuk mengantar dan mengawal Listyo Sigit hingga nantinya resmi dilantik sebagai Kapolri selanjutnya. 

"Sampai nanti pelantikan beliau oleh Bapak Presiden sehinga beliau menjadi Kapolri yang ke-25," ucap Idham.

Oleh sebab itu, Idham juga meminta dukungan kepada seluruh elemen masyarakat agar proses uji kelayakan dan kepatutan Listyo Sigit dapat berjalan dengan lancar.

"Saya mohon doa restu kepada teman-teman semoga perjalanan fit and proper test berjalan lancar," tutur Idham.

DISETUJUI KOMISI III DPR RI

Perjalanan fit and proper test calon Kapolri di Komisi III DPR RI berjalan lancar. Ketua Komisi III DPR RI, Herman Herry menyampaikan, setelah melakukan uji kelayakan atau fit and proper test, serta mendengarkan pendapat akhir dari semua fraksi, Komisi Bidang Hukum DPR RI,  maka Komisi III DPR RI secara mufakat menyetujui usulan Presiden Jokowi mengenai calon Kapolri.

"Dengan demikian, berdasarkan pertimbangan dan catatan yang disampaikan fraksi-fraksi, maka pimpinan dan anggota Komisi III DPR RI secara mufakat menyetujui pemberhentian dengan hormat dari jabatan Kapolri atas nama Jenderal Idham Azis, dan menyetujui pengangkatan Komjen Pol Drs Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri," kata Herman dalam keputusan hasil uji kelayakan calon Kapolri, di Ruang Rapat Komisi III DPR RI, Senayan, Rabu (20/1/2021).

Herman juga menyebutkan, bahwa hasil keputusan fit and proper test akan dibawa dalam rapat paripurna DPR RI terdekat dan akan diproses sesuai peraturan perundang-undangan.

Diberitakan sebelumnya, DPR RI telah menerima surat presiden (Supres) atas nama Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri, pada Rabu (13/1/2020) yang diterima langsung Ketua DPR RI, Puan Maharani. Supres bernomor: R-02/Pres/01/2021 itu disampaikan langsung oleh Menteri Sekertaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

(ROSI/BID HUMAS/MULIANOWO)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment