Kemensos Hentikan Pemberian Santunan Bagi Ahli Waris Pasien Covid-19 yang Meninggal
41 AHLI WARIS DI BLORA AJUKAN SANTUNAN

By ROBINSON SIMARMATA 24 Feb 2021, 21:54:18 WIB DAERAH
Kemensos Hentikan Pemberian Santunan Bagi Ahli Waris Pasien Covid-19 yang Meninggal

Keterangan Gambar : Tedi Rindaryo Widodo, Sekretaris Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan dan Anak Kabupaten Blora


Blora (beritakita.net) - Kementerian Sosial (Kemensos) menghentikan pemberian santunan bagi ahli waris pasien Covid-19 yang meninggal dunia.

Keputusan itu dituangkan dalam Surat Edaran Nomor 150/3.2/BS.01.02/02/2021 tentang Rekomendasi dan Usulan Santunan Ahli Waris Korban Meninggal Akibat Covid-19.

Pemberitahuan surat itu telah diterima oleh Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan dan Anak (P3A) Kabupaten Blora. Padahal di Blora sendiri sebanyak 41 ahli waris telah mengajukan santunan tersebut.

Baca Lainnya :

"Dari 41 ahli waris yang mengajukan, hanya ada dua yang menerima santunan sebesar Rp 15.000.000. Selain 41 yang sudah terkirim, masih ada 9 yang sedang mengajukan di tingkat kabupaten. Namun karena ada penyetopan santunan dari pusat, maka 9 berkas tersebut tidak jadi dikirim. Jadi totalnya ada 50 pengajuan," jelas Tedi Rindaryo Widodo, Sekretaris Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan dan Anak Kabupaten Blora, saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Rabu (24/02/2021).

Menurut Tedi, surat edaran dari Kemensos mulai terbit sejak tanggal 18 Februari 2021. Kemudian ditindaklanjuti oleh pemerintah provinsi pada tanggal 23 Februari 2021.

Tedi menjelaskan santuan kepada dua ahli waris diberikan langsung oleh Kemensos melalui transfer rekening bank, tanpa melalui dinas sosial daerah setempat. Meski 41 ahli waris tidak jadi mendapatkan santunan, Tedi mengaku pihaknya akan mendorong pemprov mencari solusi terbaik terhadap para ahli waris yang belum mendapatkan santunan tersebut.

Berdasar data diketahui, bahwa di tingkat Provinsi Jawa Tengah sebanyak 2.174 ahli waris sudah direkomendasi dan dikirim ke Kemensos. Sedangkan usulan terbaru yang belum direkomendasi sebanyak 1.118 ahli waris.

(ELY)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment