Meski di Tengah Pandemi Covid-19, Harga Kacang Hijau Cukup Baik
Tanam Kacang Hijau Ada Manfaat Ganda

By TOHAR TOKASAPU 19 Sep 2020, 21:48:21 WIB EKONOMI
Meski di Tengah Pandemi Covid-19, Harga Kacang Hijau Cukup Baik


Blora, beritakita.net - Guna menambah pengahilan keluarga, sebagian petani di Kabupaten Blora, pada musim kemarau ini menanam kacang hijau. Setelah sekitar dua setengah bulan menanam, kini mereka mulai panen. Hal yang menggembirakan, meski panen raya berada di tengah pandemi Covid-19. harga jual kacang hijau masih stabil, dan bahkan cukup baik.
 
“Musim kemarau kali ini kami memilih menanam kacang hijau, karena perawatan mudah dan harga jual hasil panen masih cukup baik, meski di tengah pandemi Covid-19. Yakni, Rp 12 ribu per kilogram,” kata Darman (60) seorang petani kacang hijau di Desa Tambaksari, Kecamatan Blora, Sabtu (19/9/2020), saat menjemur hasil panen.
 
Darman menambahkan, untuk menjual hasil panen, dirinya tidak perlu susah ke pengepul. Namun sudah ada pembeli atau bakul yang datang ke rumah para petani. Panen kali ini menurut darman dirasa sangat berhasil. Karena tidak ada serangan hama. Hasil yang diperoleh bisa maksimal. Darman mengaku, lahan yang ditanami kacang hijau tidak ada setengah hektare. Tapi sekali panen bisa dapat dua kuintal.
 
Hal sama disampaikan petani lainnya, Sujak (52). Menurutnya, harga kacang hijau di musim tanam tahun ini cukup baik . Sujak mengaku, hasil panen yang baik ditentukan dari perawatan tanaman dan pemberian pupuk yang cukup. Menanam kacang hijau, kata dia, juga mempunyai  manfaat ganda. Yakni, daun kacang hijau muda dimanfaatkan sayuran, sedangkan batang atau daun yang tua bisa untuk pakan ternak sapi. (Bambang DP)
 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment