Puluhan Warga Ambil Paksa Jenazah Covid-19 di RSUD Brebes
Polisi Amankan 10 Orang

By ROBINSON SIMARMATA 26 Des 2020, 19:38:21 WIB PERISTIWA
Puluhan Warga Ambil Paksa Jenazah Covid-19 di RSUD Brebes

Keterangan Gambar : Sejumlah warga ketika merangsek mendorong pintu RSUD Brebes, untuk mengambil paksa jenazah DW.


Brebes (beritakita.net) - Peristiwa penjemputan jenazah yang dinyatakan positip Covid-19, terjadi di Kabupaten Brebes, Jateng. Hanya saja yang patut disayangkan,  peristiwa di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Brebes, Sabtu (26/12/2020), itu juga diwarnai dengan pengrusakan.

Sejumlah sumber menyebutkan, peristiwa itu berawal pada sekitar pukul 08.30 WIB, keluarga mendapat kabar jika DW (33), pasien yang dirawat di RSUD dinyatakan meninggal dunia di ruang isoslasi. Berdasarkan hasil swab awal yang dilakukan pihak rumah sakit, jenazah DW dinyatakan positif Covid-19.

Karena dinyatakan positip Covid-19, maka jenazah DW, seorang wanita yang dalam kondisi hamil itu harus dilakukan pemulsaran dan dimakamkan secara protokol kesehatan Covid-19. Namun pihak keluarga DW tidak terima dengan keterangan dari pihak rumah sakit. Kabar itu disampaikan ke keluarga di Desa Keboledeng.

Baca Lainnya :

Mendengar kabar itu, secara spontan sekitar 90 orang warga Desa Keboledeng, mendatangi RSUD Brebes. Mereka merangsek menuju ke lantai 5 ruang Wijaya Kusuma untuk mengambil jenazah DW. 


Puluhan warga itu dihadang scurity, sehingga warga emosi dan merusak pintu masuk RSUD Brebes, setelah berhasil merusak pintu, warga mengambil jenazah dan membawa pulang ke Desa Keboledeng menggunakan Angkot.

"Sekitar pukul 09.30 WIB, anggota Polres Brebes datang ke RSUD dan mengamankan sejumlah warga yang masih berada di RSUD. Polisi bersama petugas RSUD menjemput kembali jenazah DW di rumah duka, tanpa mendapat perlawanan dari warga. Sekitar pukul 10.00 WIB, jenazah DW tiba di ruang jenazah RSUD untuk dilakukan pemulsaran dan pemakaman sesuai prokes Covid-19," ungkap salah seorang warga.

Direktur RSUD Brebes drg Oo Suprana membenarkan jika pasien berinisial DW meninggal dunia dan terkonfimasi positif Covid-19. Oleh karena itu jenzahnya akan dimakamkan sesuai standar protokol kesehatan.  Menurut Oo Suprana, pihak rumah sakit sudah memberikan pemahaman kepada pihak keluarga, namun pihak keluarga tetap bersikeras meminta pemulangan jenazah secara paksa.

Terkait peristiwa tersebut, pihak Polres Brebes telah mengamankan 10 orang warga Desa Keboledeng, untuk dimintai keterangan. Selain itu, mereka juga menjalani rapid tes. Akibat peristiwa itu, kaca pintu RSUD mengalami kerusakan, pecah. Selain itu, dua orang scurity, yakni Syahrul dan Yusup terluka karena terkena pecahan kaca pintu. (TTS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment