Semburan Gas di Mrisi, Pengebor Sumur Ternyata Tidak Punya Ijin Usaha
Dalam Radius 50 Meter Warga Dilarang Mendekat

By Tohar Tokasapu 13 Sep 2020, 14:22:46 WIB PERISTIWA
Semburan Gas di Mrisi, Pengebor Sumur Ternyata Tidak Punya Ijin Usaha

Grobogan, beritakita.net - Pembuatan sumur bor di Desa mrisi, Kecamatan Tanggungharjo, Kabupaten Grobogan, yang mengeluarkan gas alam ternyata dilakukan oleh pengebor tradisional. Pengeboran dilakukan oleh Mardiyanto dan Wignyo pengebor tradisional dari Desa Kemloko, Kecamatan Godong, Grobogan.
 
“Dua pengebor sumur tersebut ternyata tidak memiliki Surat Izin Perusahaan Pengeboran Air Bawah Tanah (SIPPAT),” ungkap Joko Mulyono, Camat Tanggungharjo, saat melaporkan hasil koordinasi dengan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Prov. Jateng, Sabtu (12/09/2020).
 
Pengeboran, tambah Camat Joko Mulyono, dilakukan tanggal 7-11 September 2020. Namun pada tanggal 11 September 2020, sekitar pukul 13.00 sumur bor yang terletak di lahan milik Ferianto warga RT.03 RW.01 Desa Mrisi, mengeluarkan semburan gas. Saat itu kedalaman sumur sudah mencapai 33 meter.
 
Kepala Desa (Kades) Mrisi, M. Ismail menambahkan, dibandingkan pada hari Jum’at, intensitas gas yang keluar dari sumur berdiameter pipa PVC 4 inch tersebut sangat stabil. Namun kadang intensitasnya cenderung mengalami kenaikan. Kades Ismail juga menambahkan, jarak rumah terdekat dari sumur adalah 50 meter.
 
Dari koordinasi dengan Dinas ESDM Prov. Jateng tersebut, tim meminta Kades Mrisi dan warga sekitar lokasi untuk tidak mendekat atau masuk ke garis pengaman yang dipasang oleh aparat Polsek Tanggungharjo. Warga juga diminta agar tidak beraktifitas di radius 50 meter dari sumur serta tidak memanfaatkan gas yang keluar dari sumur.
 
“Warga diminta menunggu hingga dilakukan deteksi kandungan gas yang keluar. Deteksi kandungan gas itu akan diupayakan sesegera mungkin,” pungkas Camat Joko Mulyono seraya menambahkan, pihak Dinas ESDM Prov. Jateng akan secepatnya mendatangkan alat deteksi gas. (Giman S)
 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment