Semua Kepala OPD di Kendal Tanda Tangani Pakta Integritas
ASN HARUS BISA BEKERJA MAKSIMAL

By TOHAR TOKASAPU 08 Mar 2021, 21:40:36 WIB POLITIK
Semua Kepala OPD di Kendal Tanda Tangani Pakta Integritas


Kendal (beritakita.net) - Semua Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Kendal, termasuk sekretaris dewan (Sekwan) telah menandatangani perjanjian kinerja dan pakta integritas. Kegiatan itu digelar di Paringgitan Ngesti Widhi Kabupaten Kendal, Senin (08/03/2021).

Bupati Kendal Dico M Ganinduto didampingi wakilnya Windu Suko Basuki mengatakan, pakta integritas merupakan anjuran dari pemerintah pusat. Hal itu dilakukan untuk mengecek dan memastikan jika kinerja dan integritas seluruh aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Kendal, bisa bekerja secara maksimal.

Baca Lainnya :

“Tentunya semua yang tersirat di pasal-pasal pakta integritas, akan kami kawal dan saya pastikan semua bisa menjalankan dengan baik. Terlebih bagi Kepala OPD, harus bisa bekerja maksimal. Jika nanti ada pelanggaran, Kepala OPD akan diberikan sanksi, termasuk ASN yang ada di bawahnya," tandas Bupati Dico M Ganinduto.

Bupati Dico menegaskan, dirinya bersama wakil bupati, akan obyektif dalam mengambil keputusan. Semuanya itu demi kepentingan masyarakat Kendal. Jadi, kata Dico, tidak ada kepentingan segelintir orang. Semua yang dia lakukan, untuk perbaikan organisasi dan untuk kepentingan masyarakat Kendal.

"Ini supaya percepatan pembangunan di Kendal, bisa berjalan maksimal. Capaian kinerja tidak masuk dalam pakta integritas, tapi nantinya masuk dalam capaian-capaian selama kurun waktu satu tahun,” tegas Bupati Dico.

Menjawab pertanyaan wartawan terkait adanya sejumlah kantor yang Kepala OPDnya masih Pelaksana Harian(Plt), Dico menegaskan, tidak akan terburu-buru mengambil keputusan untuk mengisi kekosongan jabatan, namun lebih memilih berjalan terlebih dahulu. 

"Menurut aturan dari pemerintah pusat, enam bulan setelah saya dilantik menjadi bupati, baru bisa melantik kepala OPD. Tapi kalau memang dibutuhkan, kita bisa mengajukan surat untuk mempercepat. Namun sampai hari ini, kits belum merasa untuk melakukan pengisian kepala OPD yang kosong," jelas Bupati Dico.

Dico berencana, untuk pengisian Kepala OPD mendatang, akan dilakukan seleksi khusus dengan melibatkan orang-orang yang benar-benar ahli dalam bidangnya. Hal itu untuk memastikan bahwa apa yang dia lakukan sangat obyektif. 

Seleksi khusus itu juga akan diterapkan dalam pengisian jabatan hingga ke tingkat bawah. Semuanya, kata Bupat Dico, harus melewati seleksi yang baik dan benar. Hal itu dalam rangka meningkatkan sumberdaya manusia yang ada di Kabupaten Kendal.(KISWANTO)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment