Setiap Jumat Kliwon Kades Randusari Ajak Warganya Bersihkan Lingkungan
Jadi Ajang Silaturrahmi

By TOHAR TOKASAPU 21 Nov 2020, 00:49:41 WIB DAERAH
Setiap Jumat Kliwon Kades Randusari Ajak Warganya Bersihkan Lingkungan


Kendal (beritakita.net) - Pemerintah Desa Randusari, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal, secara rutin melaksanakan kegiatan Jumat Bersih (Jumsih). Dalam kegiatan itu warga Bekerja bakti, bergotong royong membersihkan lingkungan. 

“Kegiatan Jumat Bersih ini dilaksanakan setiap bulan. Yakni, setiap hari Jumat Kliwon dengan melibatkan perangkat desa dan seluruh elemen masyarakat Desa Randusari,” ungkap Nur Fuat, Kepala Desa (Kades) Randusari, Jumat (20/11/2020).

Baca Lainnya :

Kades Nur Fuat menambahkan, kegiatan Jumat Bersih dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan, sehingga masyarakat dapat tinggal di lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman. Selain itu, kata Nur Fuat, untuk menanamkan budaya rasa cinta dan peduli kebersihan.

“Jumat bersih juga untuk meningkatkan kepedulian sosial dan rasa kebersamaan antar warga serta melestarikan budaya gotong royong. Sehingga kerukunan warga di Desa Randusari tetap tercipta. Desanya juga bersih, sehat, aman dan nyaman,” tandas Nur Fuat.

Dalam kegiatan itu, Kades Nur Fuat turun langsung memimpin kerja bakti. Disela sela istirahatnya, Nur Fuat mengungkapkan, bahwa desanya memiliki luas wilayah 118,4 hektare dengan jumlah penduduk 1.620 jiwa dan lebih dari 80 persen warganya sebagai petani. 

Kades Nur Fuat berharap, kedepan BUMDes Randusari bisa mengelola pupuk untuk memenuhi ketersediaan dan kecukupan pupuk bagi petani warganya. Selain itu BUMDes juga akan membeli, mengembangkan dan memasarkan hasil panen warga, agar perekonomian warga makin meningkat. 

Kegiatan Jumat berih setiap Jumat Kliwon, wajib diikuti seluruh perangkat desa bersama elemen masyarakat. Sasaran kerja bakti antara lain membersihkan selokan, saluran irigasi, balai desa, tempat ibadah serta pekarangan rumah warga. Untuk menjaga kebersihan, Pemdes Randusari juga telah menyiapkan tempat sampah di sepanjang jalan desa.

Nurani (51) salah seorang warga Dsun Balong RT02 RW02 Desa Randusari, terlihat antusias ikut kerja bakti. Nurani menuturkan, kegiatan Jumat bersih banyak manfaat yang dirasakan warga. Seperti lingkungan menjadi lebih bersih dan sehat, terjalinnya silaturrahmi, komunikasi yang baik antar warga dan perangkat desa, serta kerukunan warga semakin meningkat.

Hal senada disampaikan Keman (60) mengaku sangat mendukung kegiatan Jumat bersih yang dicanangkan Kades Nur Fuat yang baru beberapa bulan menjadi Kades Randusari. Karman mengakui bahwa Kades Nur Fuat sangat dekat dan peduli dengan warga. Meski belum lama menjabat Kades, namun program programnya sudah bisa dirasakan masyarakat. (Kiswanto)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment