Sidak Kantor Satpas SIM, Kapolres Blora: Jangan Ada Pungli
DISIPLIN TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN

By TOHAR TOKASAPU 19 Feb 2021, 23:48:09 WIB DAERAH
Sidak Kantor Satpas SIM, Kapolres Blora: Jangan Ada Pungli


Blora (beritakita.net) - Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimas Tama melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Satlantas Polres Blora, Jumat (19/02/2021). 

Kegiatan mendadak itu tanpa diketahui para personil yang bertugas di Satuan Lalu lintas Polres Blora, termasuk yang melaksanakan pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM). AKBP Wiraga Dimas Tama begitu datang, langsung memeriksa sejumlah ruangan pelayanan di Satpas SIM Polres Blora. Bahkan keberadaan toilet juga tak luput dari pemeriksaan Kapolres.

Baca Lainnya :

Kapolres Blora juga menyempatkan untuk berkomunikasi dengan pemohon yang antri penerbitan SIM sambil menanyakan terkait pelayanan pembuatan SIM. Kepada personelnya, AKBP Wiraga menekankan agar dalam pelaksanaan tugasnya, polisi bukan dilayani, tetapi harus menjadi pelayan bagi masyarakat. 

"Bukan hanya Kapolres atau Kasat Lantas yang bisa mengawasi kalian semua, namun saat ini masyarakat juga bisa mengawasi kinerja kita semua," tandas AKBP Wiraga Dimas Tama.

Dalam melaksanakan sidak, Kapolres juga memeriksa sejumlah peralatan untuk menguji pemohon SIM. Antara lain Simulator, Komputer Ujian Online, pengambilan Sinyalemen, serta ruangan arsip data. Hal itu dilakukan untuk memastikan bahwa personil Polres Blora menjaga peralatan yang disediakan dengan baik.

Kapolres juga menekankan, selama proses pelayanan di Kantor Satpas SIM harus disiplin menerapkan protokol kesehatan, tidak hanya pemohon SIM, namun petugaspun wajib disiplin menerapkan protokol kesehatan. 

"Protokol kesehatan harus dilaksanakan oleh semua, baik petugas maupun pemohon SIM wajib memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan," pinta AKBP Wiraga Dimas Tama.

Kepada seluruh petugas pelayanan penerbitan SIM dan Sat Lantas, Kapolres mengingatkan agar tidak main-main dalam pelaksanaan tugas, terutama tidak melakukan pungutan liar atau pungli.

"Untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih melayani, Satuan Lalu Lintas Polres Blora harus bersih dari pungutan liar. Tidak ada lagi pemikiran polisi lama yang harus dilayani. Mari lakukan pelayanan kepada masyarakat dengan baik, dan humanis," ajak AKBP Wiraga Dimas Tama.

Ningsih, salah seorang pemohon SIM mengaku senang, karena terlayani dengan baik. Menurut Ningsih, pelayanan di Satpas SIM Polres Blora cukup bagus. Termasuk dalam penerapan protokol kesehatan juga baik, sehingga masyarakat yang datang ke Satpas SIM Polres Blora, aman dari Covid-19.

(ELY)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment