Taekwondo Dojang Tlogosari Sudah Mulai Latihan
Dampak Covid-19

By TOHAR TOKASAPU 06 Agu 2020, 20:04:05 WIB OLAHRAGA
Taekwondo Dojang Tlogosari Sudah Mulai Latihan

Keterangan Gambar : Sabeum Stefanus Bambang (DAN 3 Kukkiwon), pelatih utama Dojang Tlogosari.


Semarang, beritakita.net - Kiprah Taekwondo Dojang Tlogosari, di Kota Semarang, sudah tidak asing lagi. Dojang yang didirikan 12 April 1992, oleh Pelatih senior Sabeum Nim Robert Yuwanto (DAN 3 Kukkiwon), Mulai tahun 1996 hingga sekarang tongkat estafet kepemimpinan kepelatihan diteruskan oleh Sabeum Stefanus Bambang (DAN 3 Kukkiwon).
 
Diusia yang sudah menginjak 28 tahun, Taekwondo Dojang Tlogosari sudah banyak mencetak atlit-atlit baik tingkat kota, daerah, nasional bahkan Internasional. Prestasi tertinggi yang pernah diraih salah satu atlit Dojang Tlogosari, bernama Sabeum Roni Kusdiantoro pernah berlaga di ajang Sea Games Philippine 2005 dengan mendapatkan medali Perak.
 
Selain mencetak atlit-atlit yang berprestasi, Taekwondo Dojang Tlogosari juga mencetak banyak pelatih-pelatih yang Profesional yang mengembangkan Dojang-dojang (tempat latihan). Berakar dari Taekwondo Dojang Tlogosari, kini sudah berkembang menjadi sebuah Club Taekwondo terbesar di Kota Semarang yaitu Hwarang Taekwondo Club (HTC).
 
Adapun Dojang-dojang yang dinaungi oleh HTC berjumlah 30 Dojang dari Dojang umum, Ekstra Kurikuler Sekolah sampai Dojang Prestasi. Taekwondo Dojang Tlogosari berlatih di gedung Balai Kelurahan Tlogosari Kulon dengan jadwal rutin Minggu 07.30-09.30 WIB dan Kamis 16.00-18.00 WIB dengan jumlah anggota aktif sebanyak 50 orang.
 
Selain jadwal latihan regular, Taekwondo Dojang Tlogosari juga memiliki tempat latihan khusus untuk mencetak atlit-atlit berprestasi yaitu dengan nama Wolf Taekwondo Acadmy dengan jadwal tersendiri, yaitu Selasa dan Sabtu pukul 16.00-18.00 WIB dengan tempat latihan di Gedung UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Pedurungan.
 
Dari sinlah atlit-atit Fighter (kelas pertarungan) dan kelas Poomsae (kelas jurus) pemula digembleng, setelah atlit-atlit Wolf Taekwondo Acadmy dapat berprestasi dengan bagus, maka akan diambil untuk bergabung di Central HTC, tempat pemusatan atlit-atlit Fighter maupun Poomsae berlatih.
 
Setelah libur latihan total selama empat bulan dari Maret-Juni 2020 karena masa Pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19), sejak 5 Juli 2020 Taekwondo Dojang Tlogosari mulai latihan kembali. Di masa New Normal ini Taekwondo Dojang Tlogoasari tetap mematuhi anjuran pemerintah dengan menjalankan protokol kesehatan.
 
“Pelatih dan atlit peserta latihan wajib menggunakan masker, memeriksa suhu badan sebelum memasuki tempat latihan dan menyediakan handsanitizer. Jika ada anggota yang kondisinya kurang sehat, kami larang ikut latihan,” jelas Stefanus Bambang (DAN 3 Kukkiwon).
 
Dimasa Pandemi Covid-19, tambah Stefanus Bambang (DAN 3 Kukkiwon), Taekwondo Dojang Tlogosari yang mestinya pada pada 12 April 2020 merayakan ulang tahunnya yang ke 28, namun karena situasi dan kondisinya sedang ada Covid-19, tidak bisa merayakan ulath ke 28. Hal itu tidak menyurutkan semangat para pelatih dan seluruh anggota untuk tetap berlatih beladiri dari Negara Korea Selatan ini. (Rosi)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment