Warga dan Pemuda Kidangan, Jepon Deklarasi Anti Politik Uang
Ini Pertama di Blora

By TOHAR TOKASAPU 24 Okt 2020, 18:33:25 WIB POLITIK
Warga dan Pemuda Kidangan, Jepon Deklarasi Anti Politik Uang


Blora, beritakita.net - Menyikapi Pilihan Bupati dan Wakil Bupati Blora, dalam Pilkada serentak 2020, warga dan pemuda RW06 Kidangan, Kelurahan/Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, menggelar deklarasi sikap politik dan anti politik uang pada Pilkada serentak 2020. Acara dilaksanakan di Kantor Kelurahan Jepon, Sabtu (24/10/2020).
 
Kegiatan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 itu dihadiri Camat bersama unsur Forkopimcam Jepon dan Bawaslu Blora. Koordinator acara Gatot Ari Widowo mengatakan, kegiatan ditandai pembacaan naskah deklarasi oleh ketua RW06 Jepon. Kemudian naskah deklarasi ditanda tangani warga dan pemuda disaksikan Bawaslu dan Forkopimcam.
 
“Deklarasi ini sebagai pendidikan politik kepada masyarakat. Ada empat poin yang tertuang dalam deklarasi sikap politik dan anti politik uang. Antara lain, bahwa poltitik uang adalah bentuk intervensi terhadap pilihan bebas warga pemilih yang berdampak kerusakan sosaial jangka panjang,” tandas Gatot Ari Widowo.
 
Selain itu, tambah Gatot, naskah deklarasi juga menyebutkan, bahwa keterlibatan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam poltik pemenangan pasangan calon bupati dan wakil bupati adalah bentuk ketidaktaatan dan ketidakpatuhan terhadap negara. Kemudian, segala bentuk kampanye hitam adalah pembodohan dari paslon bupati dan wakil bupati serta tim suksesnya.   
 
Ketua Bawaslu Blora, Lulus Mariyonan mengapresiasi kesadaran masyarakat untuk menolak politik uang. Lulus berharap kegiatan tersebut bisa diikuti oleh desa-desa lain. Selain itu, kata Lulus, deklarasi tersebut tidak ceremonial saja. Namun betul-betul muncul kesadaran dari masyarakat. (Bambang DP)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment