Wisata Pantai Sendang Sikucing Kendal Diterjang Abrasi
Destinasi Wisata Andalan

By TOHAR TOKASAPU 18 Okt 2020, 18:07:37 WIB PARIWISATA
Wisata Pantai Sendang Sikucing Kendal Diterjang Abrasi

 
Kendal, beritakita.net - Obyek wisata pantai di Desa Sendang Sikucing, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal, Jateng, mengalami abrasi sepanjang 150 meter. Persoalan abrasi di Pantai Sendang Sikucing itu terjadi dua tahun terakhir dan keberadaanya semakin parah terhitung sejak 10 tahun terakhir.
 
Rozi, salah satu pengelola Pantai Sendang Sikucing, mengatakan, dalam beberapa kejadian, air laut naik hingga kawasan gazebo yang berada 5 meter dari garis pantai. Pantai yang mengalami abrasi parah berada di bagian timur. Lantaran terdapat beberapa pohon yang nyaris tumbang akibat diterpa ombak.
 
“Sebenarnya garis pantai sudah mengalami pengurangan sepanjang 150 meter. Bahkan dua tahun ini cukup parah, karena mengalami gelombang laut yang cukup tinggi, hingga ada pohon yang nyaris tumbang sampai akarnya terlihat. Kondisi ini sudah kami laporkan ke dinas terkait untuk dilakukan perbaikan,” ungkap Rozi, Sabtu (17/10/2020).
 
Agar abrasi tidak semakin parah, tambah Rozi, sebenarnya bisa dibangun break water sebagai pemecah gelombang laut. Menurut Rozi, kondisi itu perlu segera mendapat perhatian dan penanganan. Karena Pantai Sendang Sikucing merupakan salah satu destinasi wisata andalan di Kabupaten Kendal.
 
“Memang, saat ini kondisi pantai belum mengalami kerusakan yang cukup parah. Karena abrasi belum menggerus seluruh bagian pantai. Masih ada bagian lain terbilang cukup baik, dan garis pantai masih cukup jauh atau lebih dari 5 meter. Terutama pantai yang berada di sebelah barat,” pungkas Rozi. (Kiswanto)
 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment