Agus Mujayanto: Seni dan Budaya Wadah Pemersatu Bangsa
PANDEMI, SENI DAN PARIWISATA TAK BERDAYA

By TOHAR TOKASAPU 09 Okt 2021, 04:22:48 WIB SENI BUDAYA
Agus Mujayanto: Seni dan Budaya Wadah Pemersatu Bangsa

Keterangan Gambar : Agus Mujayanto, Ketua Bidang Seni Budaya Pariwisata dan Kearifan Lokal Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Bulan Bintang.


Blora (beritakita.net) - Di awal Oktober 2021, Agus Mujayanto menerima tugas baru dari partainya, yakni Partai Bulan Bintang (PBB). Putera yang lahir dan tinggal di Demak itu mendapat mandat membidangi seni budaya pariwisata dan kearifan lokal di dalam struktur Dewan Pengurus Pusat (DPP) PBB.

Agus Mujayanto yang juga Ketua Bulan Sabit Merah PBB Jateng 2020-2025 organisasi yang bergerak di bidang kemanusiaan dan kebencanaan, mengaku merasa sangat bersyukur dengan amanah yang diberikan DPP PBB. Karena menurutnya, seni budaya dan pariwisata merupakan salah satu wadah pemersatu bangsa.

"Seni budaya pariwisata dan kearifan lokal merupakan pilar penyangga keutuhan bangsa dari kebhinnekaan.  Oleh sebab itu, semua pihak sadar akan pentingnya menjaga dan melestarikannya," kata Agus Mujayanto saat ditemui media ini, Jumat (08/10/2021).

Baca Lainnya :

Agus yang masih trah Sunan Kalijaga berharap, perannya dapat bermanfaat sebagai wadah untuk pemertahankan dan menjaga seni budaya pariwisata kearifal lokal ekonomi kreatif agar tak goyah dengan perubahan zaman.

Seni budaya pariwisata dan kearifan lokal, kata Agus, merupakan identitas sebuah bangsa. Terlebih saat ini, menurut Agus kebudayaan di Indonesia mulai tersisihkan oleh pengaruh barat yang masuk dalam sendi kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, seni budaya pariwisata dan kearifan lokal mesti dijaga sebagai persatuan bangsa.

"Di era ini budaya sangat penting, karena bisa menjadi pemicu andrenalin dan semangat rekan-rekan pelaku seni, penggiat seni, pecinta seni budaya agar tetap berkarya, berkreasi menjaga seni budaya, pariwisata serta kearifan lokal. Seni budaya jangan sampai punah, terlebih ada susupan dari hal-hal yang radikal," jelas Agus.

Justru, terang Agus, dari hal itu bisa memupuk tenggang rasa, tepaselira dan keutuhan bangsa agar semakin tangguh dan tumbuh. Terlebih di era pandemi mengakibatkan sektor seni budaya dan pariwisata tidak berdaya. Ibaratnya, urat-urat bangsa bak mati suri.

"Oleh karena itu, seni budaya dan pariwisata diharapkan akan tumbuh melaju cepat dengan adanya wadah baru yang dimiliki Partai Bulan Bintang dalam kreasi Wali Nusantara Bulan Bintang," tandas Agus.

Agus berharap selesai pandemi atau masa PPKM, semua jajaran pemerintah dari pusat, provinsi maupun kabupaten/kota dapat membuka atau memberi ruang dan tempat kepada para pelaku seni, penggiat seni, pekerja seni dalam menjaga seni budaya dan pariwisata.
(ELY)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment