Akhir Bulan ini Bandara Ngloram Blora Siap Lakukan Peberbangan Perdana
RENCANANYA DIRESMIKAN OLEH PRESIDEN

By TOHAR TOKASAPU 12 Okt 2021, 23:46:49 WIB DAERAH
Akhir Bulan ini Bandara Ngloram Blora Siap Lakukan Peberbangan Perdana


Blora (beritakita.net) - Tidak lama lagi Bandara Ngloram, Blora akan membuka penerbangan perdana. Untuk memperlancar penerbangan perdana itu, Bupati Blora Arief Rohman menggelar rapat koordinasi (Rakor) dengan Kepala Bandara Ngloram Ariadi Widiawan bersama Senior Manager Citilink, Rahmakika Rahardiasari serta seluruh stakeholder. Rakor berlangsung di Ruang Pertemuan Setda setempat, Selasa (12/10/2021).

"Ini kita lakukan agar penerbangan perdana nantinya bisa berjalan lancar. Beberapa waktu lalu, kita sepakat dengan Direktur Citilink akan membuka penerbangan di Bandara Ngloram pada 29 Oktober 2021. Maka hari ini kita laksanakan rapat koordinasi, supaya penerbangan perdana bisa berjalan lancar," tandas Bupati Arief Rohman.

Baca Lainnya :

Apalagi, lanjut Arief, Sesditjen Perhubungan Udara juga memberikan arahan agar penerbangan bisa dibuka sebelum diresmikan yang rencananya dilakukan oleh Presiden pada akhir November atau Desember 2021. Pada kesempatan itu Bupati Arief usul, supaya penerbangan bisa dibuka satu minggu dua kali. Yakni hari Senin dan Jumat dari Cepu-Halim PP.

"Untuk harga tiket, saya minta di bawah satu juta rupiah dan disediakan moda transportasi penghubung menuju Blora atau daerah sekitarnya, dengan melibatkan BUMD. Di sini sudah ada kereta api dan bus malam, sehingga harga tiket bisa disepakati jangan terlalu mahal. Batas amannya jangan sampai satu juta rupiah, kisaran delapan ratus ribu hingga sembilan ratus ribu, saya kira masih masuk," pinta Bupati Arief.

Bupati juga berharap, PT. KAI bisa mewujudkan intermodal transportasi kereta dengan bandara yang letaknya berdampingan. Bahkan Bupati Arief siap menjamin ketersediaan penumpang dalam pembukaan penerbangan nanti. Bahkan pihaknya yakin penerbangan akan selalu penuh.

Senior Manager Citilink, Rahmakika Rahardiasari, menyatakan kesiapannya membuka penerbangan pada akhir Oktober ini. Pesawat yang dipakai ATR-72. Sesuai permintaan, penerbangan dilakukan seminggu dua kali, setiap Senin dan Jumat.

"Untuk harga tiketnya akan disepakati bersama agar tidak memberatkan kedua belah pihak, baik Citilink maupun calon penumpang. Kami dari Citilink juga segera menyiapkan surat permohonan pembukaan jalur penerbangan ke Halim Perdanakusumah. Mohon doanya, semoga seluruh prosesnya berjalan lancar," jelas Rahmakika.

Kepala Bandara Ngloram, Ariadi Widiawan, menambahkan, saat ini kondisi lapangan telah siap untuk penerbangan komersia. Landasan 1.600 meter sudah mantap dan beberapa kali uji coba. Terakhir uji coba, kata Ariadi, saat kunjungan tiga menteri pada bulan Agustus 2021. Ariadi juga mengaku, terminal sudah jadi dan penataan halaman serta akses jalan masuk tinggal penyelesaian dan penataan interior terminal.
(ELY)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment