Bau-Nya Gunoto Akan Dibedah BBPJT
MENDORONG KREATIVITAS SASTRAWAN

By TOHAR TOKASAPU 30 Jun 2021, 13:22:26 WIB SENI BUDAYA
Bau-Nya Gunoto Akan Dibedah BBPJT

Semarang (beritakita.net) - Novel berjudul Bau karya Gunoto Saparie akan dibedah dan didiskusikan secara daring oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah (BBPJT), Selasa 13 Juli 2021, pukul 09.00-11.00 wib. Bertindak sebagai pembedah dosen Magister Ilmu Susastra Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro Semarang Dr. Sukarjo Waluyo M.Hum dan moderator peneliti sastra BBPJT Inni Inayati Istiana M.Hum.

Kepala BBPJT Dr. Ganjar Harimansyah M.Hum mengatakan, lembaganya memfasilitasi para sastrawan Jawa Tengah yang menginginkan buku karya sastranya dibedah. Beberapa sastrawan yang telah mengikuti program ini antara lain Dharmadi, Handry TM, dan Sus S. Harjono. Hal ini dilakukan untuk mendorong aktivitas dan kreativitas para sastrawan di wilayah ini. Untuk kali ini lembaganya bekerja sama dengan Magister Ilmu Susastra FIB Undip.

“Kami membuka kesempatan dan peluang itu untuk teman-teman sastrawan. Namun, karena sekarang masih dalam situasi pandemi, bedah buku tidak bisa dilakukan secara tatap muka, melainkan daring,” katanya.

Baca Lainnya :

Gunoto Saparie yang juga Ketua Umum Dewan Kesenian Jawa Tengah menyatakan terima kasih atas kesediaan BBPJT membedah buku novelnya. Novel yang diterbitkan oleh Pelataran Sastra Kaliwungu Kendal itu kebetulan mendapatkan Nomine Penghargaan Prasidatama 2020 kategori novel.

“Novel ini mengisahkan tentang perjuangan Baureksa, Bupati Kendal pertama di zaman kolonial Belanda, di zaman Kerajaan Mataram pimpinan Sultan Agung. Bau itu panggilan dari Baureksa, bukan bau berarti aroma,” ujarnya seraya menambahkan, jika novel sejarah ini mencoba menampilkan warna lokal Jawa.

(GS/TTS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment