Lima Ratus Orang Ikuti Vaksinasi yang Digelar Polda Jateng dan PKC PMII Jateng
MENINDAKLANJUTI PERMINTAAN PB PMII KE KAPOLRI

By TOHAR TOKASAPU 03 Agu 2021, 13:46:40 WIB KESEHATAN
Lima Ratus Orang Ikuti Vaksinasi yang Digelar Polda Jateng dan PKC PMII Jateng

Magelang (beritakita.net) - Polda Jateng menggandeng Polres Magelang dan Pengurus Koordinator Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam (PKC PMII) Jawa Tengah, menggelar vaksinasi Senovac tahap I. 

Kegiatan dilaksanakan di Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Husain (STAIA) Syubbanul Wathon, yang berlokasi di Dusun Meteseh, Desa Sidoagung, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang. 

Vaksinasi dilakukan selama dua hari, yakni Kamis dan Jumat, 29 dan 30 Juli 2021 pukul 09.30 WIB-13.30 WIB. Pada hari pertama telah divaksin 250 orang dan 250 orang pada hari kedua. Untuk vaksinasi tahap II direncanakan pada akhir Agustus 2021.

Baca Lainnya :

Ketua PKC PMII Jateng, Anto Prima Atmaja menjelaskan, peserta vaksinasi berasal dari pengurus PMII Cabang Kabupaten Magelang, Rektor, Dosen, Staff, Karyawan, dan mahasiswa STAIA Al Husein Syubhanul Watton Magelang.

Vaksinasi juga diikuti pengurus dan santri Ponpes API Interpretership STAIA Al-Husain, manager dan karyawan Rumah Makan Griya Dahar Brambang Salam, Mata Air, dan IKA PMII Magelang. 

Bahkan, kata Anto, sejumlah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Magelang beserta Badan Otonom (Banom) seperti GP Ansor, Banser, Rijalu Ansor, Lazis NU, Pagar Nusa, Fatayat, Muslimat, IPNU, dan IPPNU, juga mengikuti vaksinasi.

“Kami sampaikan terima kasih kepada jajaran Polri, utamanya Polda Jatang dan Polres Magelang atas kerja sama ini, sehingga vaksinasi berjalan lancar," tandas Anto Prima Atmaja, seraya menambahkan, Kabupaten Magelang menjadi prioritas vaksinasi karena berdasar pemetaan vaksinasi di Jateng, wilayah Pantura Timur seperti Jepara, Kudus Pati, sudah banyak vaksinasi.

Demikian juga di wilayah Kabupaten Cilacap, Brebes, Tegal, Pekalongan, Salatiga, Solo dan lainnya sudah banyak yang divaksin. Sedangkan untuk wilayah Kedu masih kurang, sehingga vaksinasi ini difokuskan di Magelang. Menurut Anto, saat ini permintaan vaksinasi ada 1.200 orang, namun karena keterbatasan tempat, maka hanya tersedia 500 dosis vaksin.

Selaku Ketua PKC PMII Jateng, Anto mengimbau seluruh elemen mahasiswa dan masyarakat supaya ikut menyukseskan program percepatan vaksinasi ini. Pihaknya juga mengajak seluruh elemen masyarakat taat menjalankan PPKM yang dicanangkan pemerintah dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19.

PERTAMA DI MAGELANG

Direktorat Intelkam Polda Jateng, diwakili Kanit V Subdit III Kompol Nurkolis menambahkan, PB PMII telah meminta 1.200 vaksin. Namun hanya tersedia 500 vaksin. Kompol Nurkolis juga menyebutkan, vaksin yang digunakan di Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Husain Syubbanul Wathon adalah vaksin jenis Sinovac.

“Vaksinasi yang dilakukan dengan PKC PMII Jateng ini pertama kali di Magelang. Selanjutnya akan digelar di lokasi mana, terserah PMII Jateng yang menentukan. Kita dari Polda Jateng hanya memfasilitasi sesuai permitaan saja, untuk tenaga medisnya dibantu dari Polres Magelang,” jelas Kompol Nurkolis.

Sedangkan Kasat Intelkam Polres Magelang, AKP Supriyanto menjelaskan, dari awal vaksin yang digunakan Polres Magelang adalah vaksin jenis Sinovac yang didistribusikan dari Dinnas Kesehatan (Dinkes) Prov. Jateng. 

"Untuk kegiatan yang digelar di STAIA Syubbanul Wathon ini, kita hanya menindaklanjuti permintaan dari PB PMII di Jakarta ke Kapolri yang ditindaklanjuti oleh Polda Jateng dan selanjutnya ke Polres Magelang untuk melaksanakan kegiatan vaksin ini," jelas AKP Supriyanto.

Disebutkan, bertindak sebagai vaksinator dilakukan oleh Poliklinik Polres Magelang. Untuk vaksinasi kedua dijadwalkan pada akhir bulan Agustus ini. Tempat pelaksanaan vaksinasi kedua tetap di STAIA Subhanul Watthon atau di Polres Magelang, pihaknya masih menunggu perintah selanjutnya. 

Kegiatan vaksinasi di STAIA Syubbanul Wathon dihadiri Dirintelkam Polda Jateng diwakili Kanit V Subdit III Kompol Nurkolis, Panit V Ditintelkam Polda Jateng AKP Slamet Dedi, Ketua PKC PMII Jateng Anto Prima Atmaja, Kasat Intelkam Polres Magelang AKP Suprijanto, SH, Paur Kesehatan Poliklinik Polres Magelang Iptu Sapto.

Selain itu juga hadir Dokter Klinik Berkah Sehat Polres Magelang dr Nurkholis, Ketua PMII Magelang Yoga Heri, Kapolsek Tempuran diwakili Kanit Intelkam Aiptu Aris Listiyanto, Rektor STAIA Syyubanul Wahton Ahmad Fuad Hasim dan Ketua PMII Jogo Rekso PMII STAIA Syyubanul Wahton Sofan Sauri. Pelaksanaan vaksinasi menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

(MWS/TTS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment