Paguyuban Kades Bahurekso Siap Dukung Penanganan Sampah Plastik
ABDUL MALIK KETUA PAGUYBAN KADES KENDAL

By TOHAR TOKASAPU 14 Sep 2021, 22:58:15 WIB DAERAH
Paguyuban Kades Bahurekso Siap Dukung Penanganan Sampah Plastik


Kendal (beritakita.net) - Paguyuban Kepala Desa (Kades) Bahurekso Kabupaten Kendal, Jateng, siap mendukung program penanganan sampah plastik. Hal itu dikatakan Ketua Paguyuban Kades Bahurekso, Abdul Malik usai pengukuhan pengurus Paguyuban Kades Bahurekso 2021-2024. Pengukuhan berlangsung di Pendopo Tumenggung Bahurekso, Selasa (14/09/21).

"Keberadaan Paguyuban Kades bisa memberikan manfaat dalam mendukung visi misi Bupati dan Wakil Bupati Kendal. Demikian juga dengan paguyuban ini juga memiliki vis -misi, tidak sekedar menjadi wadah para kades, tapi menjadi keluarga satu sama lain, menjadi lebih guyub dan rukun, kekeluargaan serta kerja sama antar desa," jelas Abdul Malik.

Baca Lainnya :

Menurut Abdul Malik, pihaknya akan terus menjalin komunikasi eksternal maupun internal guna memajukan desa bersinergi dengan UMKM, pelaku wisata dan ekonomi kreatif. Pihaknya juga siap menyosialisasikan gerakan anti sampah untuk menjaga lingkungan. Para kades juga didorong mengelola BUMDes untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto pada kesempatan itu mengatakan, kades sebagai ujung tombak pembangunan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat harus segera menyampaikan aspirasi masyarakat. Program yang usulkan juga harus jelas, hasilnya juga jelas. Saat ini, kata Bupati, masih ada 6 persen masyarakat Kendal atau 6.000 orang yang belum memiliki pekerjaan.

"Mereka harus dipikirkan pekerjaannya. Pariwisata dan UMKM dijadikan pendorong peningkatan ekonomi masyarakat. Bahkan UMKM tidak hanya menjadi pendorong, tapi pembuka lapangan kerja bagi masyarakat," jelas Bupati Dico.

Terkait penanganan sampah, menurut Bupati harus direalisasi agar Kendal bebas sampah plastik. Masyarakat diberi penjelasan dan peningkatkan kesadaran dalam memilah dan memilih sampah. 

(KISWANTO)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment