RM Kampung Sawah Krangganharjo, Hadirkan Nuansa Jawa di Alam Desa
SEDIA ANEKA OBLOK OBLOK DAN BOTHOK

By TOHAR TOKASAPU 21 Agu 2021, 22:06:26 WIB KULINER
RM Kampung Sawah Krangganharjo, Hadirkan Nuansa Jawa di Alam Desa


Grobogan (beritakita.net) - Bagi pencinta kuliner, agaknya keberadaan Rumah Makan (RM) Kampung Sawah Krangganharjo (KSK) yang berlokasi di Dusun Sukorejo, Desa Krangganharjo, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan, Jateng, patut dikunjungi. 

Rumah makan yang hanya berjarak 100 meter dari Rumah Kedelai Grobogan (RKG) di Jalan Raya Purwodadi-Solo ini, dengan konsep menawarkan nuansa Jawa. Baik dari interior maupun dari aneka menu masakan yang ditawarkan.

Baca Lainnya :

Nuansa Jawa itu tampak saat pengunjung memasuki kawasan rumah makan, disain bangunan yang bagus, semua menggunakan interior khas Jawa. Sehingga rumah makan ini sangat nyaman dan menarik untuk acara keluarga. Bangunan dan tempat parkirnya sangat luas. 

"Banyak komunitas maupun lembaga yang menggunakan tempat ini. Semisal untuk pertemuan keluarga, arisan, maupun kegiatan rapat orang-orang kantoran," kata Om Barjo, sapaan akrab Barjo, pengelola Rumah Makan Kampung Sawah Krangganharjo, seraya menambahkan, rumah makan itu ia kelola baru sekitar satu tahun lalu.

Meski rumah makan itu berdiri baru satu tahun, atau baru seumur jagung, namun menurut Om Barjo, sudah banyak dikenal dikunjungi masyarakat Kabupaten Grobogan dan sekitarnya. Semisal pengunjung dari Kabupaten Pati, Blora, Rembang, Juana, Kudus, Jepara dan kota besar lainnya. 

BOTHOK IKAN LELE

Selain bangunan dan tempat parkir yang luas serta lokasinya berada di tengah persawahan, rumah makan tersebut dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Antara lain, kolam renang anak atau tempat ciblon anak-anak, kolam kesehatan yang diisi ikan untuk terapi, kolam pemancingan, serta tempat swa foto yang indah.

Sedangkan menu yang tersedia di Rumah Makan Kampung Sawah Krangganharjo, menurut Om Barjo, hampir semua masakan Jawa tersedia. Antara lain oblok-oblok daun singkong muda, bothok udang, bothok teri, bothok ikan lele atau patin, sayur bening atau sayur bayam, dan sayur daun singkong.

"Kita juga menyediakan sambal terasi, sambal lombok ijo, sambal tomat, dan sambal korek dan sambal bawang. Aneka gorengan juga ada, seperti tempe goreng, tahu goreng, tempe bacem, dan tahu bacem," jelas Om Barjo.

Mengapa Rumah Makan Kampung Sawah Krangganharjo, spesialis menyediakan masakan jawa, menurut Om Barjo, ia sengaja memprosikan menu ala Jawa, karena merasa dirinya asli orang desa, yang mana dulu setiap hari makannya seperti apa yang disajikan di rumah makan yang dikelolanya saat ini.

HARGA SANGAT TERJANGKAU

Ditanya soal harga yang ditawarkan Rumah Makan 'KSK', Om Barjo menjamin sangat terjangkau alias murah. Pasalnya, karena menu yang ditawarkan masakan Jawa atau ala desa, maka sebagian sayuran dipetik dari tanaman sendiri yang ada di desa itu.

"Karena ini di desa, harga saya buat semurah mungkin agar warga yang tergolong hidup menengah ke bawah bisa makan di sini. Makan di rumah makan ini tidak perlu banyak uang. Sangat terjangkau, kita bikin semurah-murahnya," kata Om Barjo.

Selain masakan Jawa, tambah Om Barjo, rumah makan yang dikelolanya juga menyediakan menu andalan, yakni nila bakar sawah dan nila goreng Jawa. Menu ikan nila bakar Jawa dimasak dengan menggunakan resep Jawa, sehingga rasanya sangat berbeda dengan masakan rumah makan lainnya. 

"Bumbu dan aromanya sangat khas milik 'KSK', betul-betul khas masakan Jawa atau masakan kuna, seperti masakan nenek moyang kita dulu. Di sini juga ada ayam Jawa bakar dan ayam Jawa goreng yang bumbu, aroma, rasa, dan cara masaknya juga khas Rumah Makan Kampung Sawah Krangganharjo," imbuh Om Barjo berpromosi.

Ayam bakar dan ayam goreng itu, bisa dipesan ingkung atau utuh satu ayam, dan bisa dipotong sesuai ukuran pemesan. Semua menu yang ada di Rumah Makan 'KSK' bisa dipesan. Untuk pemesanan melalui HP/WA 0815 7554 1111. Khusus di wilayah Purwodadi, pesanan bisa diantar langsung ke rumah pemesan tanpa tambahan ongkir. 

(SOES ADNAN)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment